Ini Dia Situs Internet yang Pertama Kali Dibuat


Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita zaman sekarang ini. Namun tahukah kamu apa situs internet yang pertama kali dibuat? Bagi kamu yang belum mengetahuinya, situs pertama rilis tahun 1991, tepatnya 6 Agustus 1991. Situs yang pertama kali diluncurkan ini memiliki nama domain info.cern.ch.

Situs yang pertama kali menggunakan www (world wide web) ini adalah ciptaan dari seseorang bernama Tim Berners-Lee. Berners-Lee pertama kali mengajukan ide jaringan dunia komputer berbagi informasi ini pada 1989 saat masih bekerja di European Organization for Nuclear Research (CERN) di Jenewa, Swiss.

Tim Berners-Lee (Wired)

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Pooleâ??s Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs internet pertama didedikasikan untuk proyek World Wide Web dan diselenggarakan pada komputer NeXT milik Berners-Lee. Bisa dibayangkan, bagaimana wujud website saat itu. Website ini menggambarkan fitur dasar dari Web, yaitu bagaimana untuk mengakses dokumen orang lain dan bagaimana menyiapkan server secara mandiri.

Tampilan browser NeXT (CERN)

Sayangnya, meskipun mesin NeXT saat ini masih berada di CERN, situs pertama di dunia ini tidak lagi online di alamat aslinya. Langkah pengembalian situs itu juga sekaligus sebagai upaya CERN melestarikan semua aset digitalnya yang berhubungan dengan kelahiran Web pertama di dunia. Arsip itu akan dimasukkan ke laman info.cern.cn agar menjadi sejarah bagi generasi di masa depan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek WWW dan situs Web pertama, kamu bisa mengunjungi http://first-website.web.cern.ch. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak