5 Pelajaran Berharga Patut Ditiru dari IP Man 3


IP Man (Yip Man) 3 telah hadir di bioskop. Film laga yang mengangkat seni bela diri Kung Fu ini telah sukses menyedot perhatian jutaan orang di seluruh dunia karena kehebatan si jagoan yang merupakan guru Bruce Lee. IP Man dikenal sosok Master Guru perguruan Wing Chun, salah satu aliran Kung Fu yang terkenal. Tapi bukan berarti, jago berkelahi, ia menggunakan ilmunya dengan semena-semena. Ada banyak karakter IP Man yang patut dicontoh oleh JB’ers. Apa saja?

1. Peduli Pendidikan

Ip Man (Allen Journal)
Ip Man (Allen Journal)

IP Man 3 bertemakan warga pribumi di Hong Kong yang tengah diliputi ancaman pendudukan Inggris pada tahun 1959. Saat itu, gangster yang dipimpin Frank (Mike Tyson) menginginkan agar sekolah tempat putra IP Man dijual untuk kepentingan komersial lain. Namun IP Man dengan tegas menolak hal tersebut. Saat anak buah Mike Tyson mencoba memboikot sekolah, IP Man menghadang. Dia menegaskan pendidikan merupakan masa depan anak-anak di Hong Kong.

2. Cinta Keluarga

Ip Man dan keluarga (Lightsremoteaction)
Ip Man dan keluarga (Lightsremoteaction)

Di balik keperkasaannya dalam bertarung, IP Man adalah sosok yang lemah lembut khusus untuk keluarganya. Dia merupakan seorang ayah yang sayang anak dan istrinya. Hal itu terbukti saat putranya diculik oleh anak buah Mike Tyson, dan IP Man dengan sigap datang untuk menyelamatkannya. Salah satu pentolan geng Mike Tyson sempat meminta IP Man untuk bersujud jika ingin putranya dibebaskan dari jeratan pisau. Dan IP Man pun rela bersujud meski harus ditertawakan musuh-musuhnya.

Sosok IP Man sebagai orang yang cinta keluarga juga dibuktikan saat istrinya, Wing Sing (Lynn Xiong) diketahui mengidap kanker di bagian perutnya. IP Man yang sebelumnya sibuk menjaga sekolah dari ancaman gangster, memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama istrinya. Apalagi sejak usia sang istri diketahui sudah tak lama lagi. IP Man dengan setia menemani istrinya pagi, siang, sore dan malam, dan mengantarkan pujaan hatinya itu ke pengobatan alternatif agar ada harapan untuk sembuh.

Saat mendapat tantangan dari jagoan Kung Fu Wing Chun lain, Cheung Wing-Sing, untuk bertarung, IP Man tak menghiraukannya. Dia memilih untuk menemani istrinya. Bahkan rela belajar berdansa dan tari salsa untuk istrinya.

3. Rendah Hati

Ip Man (Asianwiki)
Ip Man (Asianwiki)

Semua orang tahu IP Man adalah guru besar Kung Fu Wing Chun, tapi dia tak berbesar hati. Dalam sebuah adegan saat ditanya Cheung Wing-Sing soal keahlian Kung Fu-nya, IP Man mengaku hanya petarung amatir. Padahal saat pada akhirnya bertarung dengan Cheung Wing-Sing, IP Man berhasil menunjukkan kelasnya dan berhasil menang.

4. Tegas

Ip Man (comicvine)
Ip Man (comicvine)

IP Man merupakan seorang yang tegas. Dia dengan tegas menyatakan tak akan membiarkan penindasan bangsa lain di tanah tempat tinggalnya. Ia rela mempertaruhkan nyawa dan keluarganya untuk menyelamatkan warga-warga di sekitar.

5. Pemberani

Ip Man (Martialartsmoviejunkie)
Ip Man (Martialartsmoviejunkie)

Keberanian IP Man terlihat saat masuk ke sarang gangster Mike Tyson seorang diri untuk menyelamatkan anaknya. Meski dikeroyok banyak anak buah penjahat, IP Man tetap kuat. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi pecinta film action. (rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
63
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
81
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
72
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak