Julukan-julukan Indonesia di Mata Dunia

Indonesia adalah negeri kaya. “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”, kata salah satu lirik lagu fenomenal Koes Plus. Posisi geografisnya strategis. Negeri agraris, juga maritim. Negeri ini seperti tetesan dari surga yang bocor ke bumi. Karena itu, negeri ini pun padat akan julukan untuk merangkum kekayaannya yang beragam. Julukan apa saja? Berikut beberapa julukan untuk Indonesia yang sudah dihimpun jadiBerita.

1. Zamrud Khatulistiwa

Indonesia (Oediku)

Julukan ini diberikan dunia kepada Indonesia karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang sangat hijau seperti zamrud.

2. Nusantara

Nusantara (Kiblat)

Ini adalah julukan yang disematkan oleh Kerajaan Majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai Papua dalam literatur bahasa Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.

3. Negara Agraris

Agraris (Kompasiana)

Julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk kita sebagai petani.

4. Negara maritim

Maritim (Rmol)

Julukan ini mengacu pada kenyataan perairan Indonesia yang luas. Kini ia menjadi salah satu visi kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

5. Negara nyiur

Nyiur (Viruspintar)

Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah negara maritim yang otomatis ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

6. Negara seribu candi

Candi (Viruspintar)

Julukan Negara Seribu Candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya Candi Borobudur yang pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

7. Negara Seribu Pulau

Raja Ampat (Viruspintar)

Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

8. Negara Megabioversitas

Megabioversitas (Kompas)

Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia seperti Komodo, Anggrek Hitam dan Raflessia Arnoldi.

9. Garuda

Garuda Pancasila (Viruspintar)

Julukan ini mengacu pada simbol negara Indonesia.

10. Heaven Earth

Keindahan Indonesia (Viruspintar)

Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena banyak negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan pemandangan yang memanjakan mata.

11. Paru-paru dunia

Hutan Indonesia (Viruspintar)

Julukan ini beberapa kali disematkan oleh AS dan Singapura melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia.

12. Our Large Neighbour to North and Our Nearest Asian Neighbour

Indonesia dan negara di sekitarnya (Viruspintar)

Ini julukan yang diberikan pemerintah Australia melihat Indonesia adalah negara Asia tetangga terbesar dan terdekat secara letak geografis dengan Australia.

13. Macan Asia Tertidur

Julukan aslinya adalah Macan Asia. Tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang diberikan oleh negara-negara Asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

14. Mafia Asia

Julukan ini diberikan karena indonesia menjadi penggerak pembahasan masalah-masalah di Asia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Lagu Akustik Paling Romantis

5 Perusahaan Game Termahal di Dunia