Lebih Dekat dengan Zaky Ahmad Rivai, Aktor “Tausiyah Cinta” yang Hafal Alquran


Zaky Ahmad Rivai (Source: Instagram zaky_zr)

Tampan, cerdas dan ramah kepada orang lain. Itulah kesan pertama ketika tim JadiBerita.com bersua dengan salah satu pemeran film Tausiyah Cinta ini. Pemeran Afian ini lebih dikenal dengan nama pena Zaky Ahmad Rivai. Ia adalah mahasiswa jurusan muamalat dari kampus UIN Sunan Kalijaga yang kini sedang naik daun karena berbagai prestasinya.

Pria kelahiran 22 Februari 1994 ini awalnya tak menduga bila dirinya terpilih menjadi pemeran sebuah film layar lebar. Meski dahulu impian semasa kecilnya ingin pula menjadi artis-artis di televisi kesukaannya. Sosok yang lebih terlihat sebagai model ini membuat banyak orang tak menduga jika dirinya adalah seorang penulis juga hafiz (penghafal Alquran).

Aktivitasnya yang beragam, mulai dari menjadi penulis, aktivis, hafiz, dan menjadi sosok populer berkat membintangi film ini membuat kami tertarik untuk mengulas lebih dalam siapakah sebenarnya pemilik akun @ZakyZR ini. Pemeran Afian ini kerap kali mengunggah aktivitas bermanfaatnya pada sosial media guna memotivasi rekan-rekannya.

Di sela-sela waktunya, Zaky menyempatkan diri untuk menceritakan mengenai aktivitasnya sehari-hari dengan tim JadiBerita.com. Di sebuah foodcourt JogjaCityMall, Yogyakarta, kami memperoleh banyak pencerahan dari perjalanan hidupnya yang sangat inspiratif. Berikut ini wawancara esklusifnya:

DSC_0961
Wawancara esklusif bersama Zaky pemeran Tausiyah Cinta

Coba ceritakan latar belakang kamu hingga kemudian menjadi seorang aktor saat ini?

â??Saya sih sebetulnya dibesarkan dari keluarga biasa saja namun juga paham agama. Dari kecil salat wajib selalu jalan namun sejak SMP hingga SMK justru jauh dari agama karena lagi nakal-nakalnya. Hingga ada titik balik pada saat setelah lulus SMK mulai belajar ngaji hingga menghafal Alquran. Singkat cerita sampai menyandang mahasiswa, saya menulis buku. Terjun menjadi aktor sih Qodarullah, ketika mengikuti casting lalu mendapat peran sebagai sosok yang berpenampilan sederhana juga merakyat.â?

Hal apasih yang pada akhirnya membuat kamu tertarik mengikuti casting Tausiyah Cinta?

â??Saya tertarik dari persyaratan castingnya Tausiyah Cinta, karena salah satu syaratnya ada yang unik yaitu dapat membaca Alquran dengan baik dan benar. Saya pikir ini lucu juga, mencari aktor seperti mencari guru ngaji. Saya berfikir saya harus mencoba untuk melebarkan sayap dakwah saya, mengembangkan kebaikan di dunia entertain. Saya sebelumnya juga tertarik dengan bedacinema karena film-filmnya bernuansa berbeda. Dan saya merasa harus membantu dalam perjuangan dakwah iniâ?

DSC_0962
Zaky menceritakan kisah kesehariannya dengan antusias

Pernah gak sih waktu kecil bermimpi menjadi seorang aktor?

â??Pernah banget ! Dari kecil suka main akting-aktingan dan cita-cita juga pernah pengen jadi aktor. Walaupun dibanding dengan pemain TC yang lain saya tidak memiliki background sekolah aktingâ?

Setelah terjun menjadi aktor, apa saja suka duka yang kamu jalani?

â??Suka dukanya sih banyak, kehidupan menjadi lebih tidak bebas. Tidak bebas karena akan banyak orang yang menilai. Dan popularitas menjadi ujian bagi saya karena hal inilah tantangannya. Jika sudah ada niat maka kita terima apapun resikonyaâ?

Ada hal unik apa yang terjadi selama proses syuting film Tausiyah Cinta?

â??Hal unik, saat syuting hari pertama saya berangkat jam 7 pagi pulang jam 2 pagi. Pernah juga dijadwalkan syuting, saya berangkat dari Jogja ke Jakarta tapi ternyata ketika sampai TKP malah dibatalkan. Meski rasanya nyesek tapi ya kembali ke niat awal yaitu dakwah jadi lillah aja gitu.â?

Menyempatkan diri berpose bersama pemeran Ayah rere

Lalu apasih tanggapan orangtua ketika mengetahui anaknya terjun di dunia akting?

â??Tanggapannya dari orang tua seneng-seneng aja karena anaknya bisa masuk layar lebar, ga hanya masuk di televisiâ?

Dari sederet kesibukan kamu ini, bagaimana cara membagi waktunya?

â??Bagi waktunya sih gampang, karena jadwal promo film biasanya dilakukan saat weekend. Selain itu juga kuliah kan nggak sama dengan sekolah di mana waktunya sangat ketat. Jadi nggak terlalu menyita waktu. Alhamdulillah Allah mudahkan, dan setiap matkul juga gak ada yang mengulang â?

Selepas pers converence gala premier film Tausiyah Cinta

Perubahan apa sih yang dirasakan, setelah banyak orang mengenal sosok Zaky?

â??Iya mungkin orang melihat saya hidupnya berubah menjadi elite setelah bermain film, padahal ya enggak juga. Saya sih gak terlalu terbawa arus sosial. Gaya hidup itu tergantung masing-masing, kalau saya justru gak terlalu mengalami perubahan dari segi lingkungan sosialnya.â?

Menurut kabar yang beredar, katanya sih Zaky gak mau dibuatkan laman fanspage, bener gak sih?

â??Iya bener. Ya saat itu akunnya sudah ada hanya saja sebelum saya booming, maka saya terang-terangan untuk menolak itu. Bagi saya, memiliki fans adalah tanggung jawab jika saja ada fans yang mengikuti gaya saya dan lain sebagainya maka hal ini termasuk tanggung jawab saya nantinya. Menurut saya, sosok yang paling pas untuk diidolakan ya cukup Rasulullah saw saja.â?

Sosok siapa yang paling menginspirasi dalam hidup kamu?

â??Yang pastinya orang tua, karena dari merekalah saya mendapatkan ijin untuk mengolah bakat. Mereka juga yang sudah banyak bersabar atas tingkah laku saya selama ini. Walaupun orang tua tidak secara langsung mendukung, namun bagi saya orang tua merupakan sosok paling menginspirasi. Tanpa mereka mungkin saya tidak akan sampai kuliah di Yogyakarta. Mengingat saya adalah anak bungsu, ibu saya hampir melarang bila harus kuliah di perantauan. Namun pada setelah dibujuk akhirnya ridho juga.â?

Lalu hal apa sih yang membedakan film Tausiyah Cinta dengan film cinta-cintaan lainnya?

â??Film ini menggambarkan bahwa cinta itu gak hanya horizontal (kepada sesama manusia) tapi juga vertikal (ke pada Allah). Tidak ada adegan bersentuhan dengan lawan jenis. Banyak lantunan ayat suci Al-Qurâ??an. Soundtracknya adalah musik nasyid bernuansa positif. Banyak kalimat inspiratif di setiap adegannya yang dapat penonton ambil hikmahnya. Jadi silahkan temukan quote terbaik di film Tausiyah Cinta â?

Sesi pemotretan sosok Afian

Sebelum dikenal menjadi aktor, kamu kan menjadi penulis. Nah alasan apa sih yang membuat kamu tetap menekuni dunia tulis-menulis?

â??Menulis itukan pekerjaan yang abadi. Karena tulisan itu akan tetap abadi sampai kapan pun, bahkan hingga penulisnya tidak ada. Berbeda dengan lisan, karena sekali menyampaikan maka orang lain akan mudah lupa. Menulis juga menjadi sarana dalam berdakwahâ?

Lalu di sela-sela kesibukan kamu, apasih tips jitu untuk menghafal Alquran?

â?Tips yang paling efektif tentunya dengan mengulang-ulang bacaan (murojaâ??ah). Kalau saya sih lebih suka mengulang satu halaman hingga paham dan lancar, jika dirasa sudah lancar maka lanjut ke halaman berikutnya. Sedangkan waktu yang paling efektif untuk menghafal yaitu setelah salat subuh, di pagi hari ketika suasana masih tenangâ?

Salah satu pose ketika syuting film Tausiyah Cinta

(rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak