Kenali Tipe Rasa Lapar yang Sering Melandamu


Lapar, sudah sewajarnya jika kamu memiliki rasa lapar setiap harinya. Coba kamu hitung JBers, dalam satu hari kamu merasakan rasa lapar hingga berapa kali? Dalam hitungan normal, kamu bisa merasakan rasa lapar tiga kali dalam sehari, yakni pada saat pagi, siang, dan malam. Namun, bisa jadi kamu merasakan rasa lapar lebih dari hitungan normal tersebut karena ternyata rasa lapar itu punya beberapa tipe yang berbeda loh JBers. Dilansir dari dailymail.uk, ada tiga rasa lapar yang sering melanda kamu. Penasaran rasa lapar kamu masuk dalam tipe yang mana? Yuk simak tiga tipe rasa lapar ini JBers!

1. Lapar fisik

Lapar fisik (www.eatwellworkwell.org)
Lapar fisik (www.eatwellworkwell.org)

Lapar fisik seringkali terjadi saat perut kamu sedang kosong sehingga kadar gula dalam tubuh rendah, atau cadangan lemak dalam tubuh kamu menurun. Jika kamu lapar fisik biasanya kamu akan memerlukan kalori tambahan dari makanan untuk terus menjaga keseimbangan tubuh karena semua hal yang kamu lakukan seperti berpikir, berjalan, berbicara, semuanya membutuhkan kalori. Lapar fisik termasuk dalam kategori lapar yang sangat wajar terjadi dan biasanya terjadi tiga kali dalam sehari, saat tubuh kamu benar-benar memerlukan asupan.

2. Lapar Emosional

Makan saat senang (media1.onsugar.com)
Makan saat senang (media1.onsugar.com)

Makan berlebihan sering dikaitkan dengan stres emosional yang dialami seseorang. Ini tipe rasa lapar yang agak berbahaya, terutama untuk kaum perempuan karena yang tipe rasa lapar ini sering melanda perempuan dan mengakibatkan berat badan berlebih. Emotional hunger alias kelaparan secara emosional terjadi karena keinginan kamu yang berlebihan. Contoh rasa lapar secara emosional bisa terjadi saat kamu merasakan luapan emosi seperti senang saat sedang merayakan sesuatu seperti kelulusan atau hari jadian. Emosi jiwa seperti sedih, galau, kecewa, bahkan marah juga bisa menjadi penyebab salah satu faktor lapar emosional.

3. Perilaku lapar

Makan ramen (www3.dmagazine.com)
Makan ramen (www3.dmagazine.com)

Perilaku lapar merupakan tindakan makan di luar kebiasaan atau diluar jam waktu makan. Contohnya, saat kamu ingin menyantap ramen saat sedang hujan atau makan patbingsoo saat udara sedang terik. Contoh lainnya, saat kamu diajak nongkrong sambil ngobrol bersama teman padahal kamu sudah makan kenyang sebelumnya, biasanya minimal kamu akan memesan minuman dan cemilan ringan. Tipe perilaku lapar ini bisa dibilang sebenarnya kamu tidak terlalu lapar sehingga seharusnya perilaku lapar seperti ini bisa kamu hentikan.

Dari ketiga tipe rasa lapar di atas, kamu masuk tipe yang mana JBers?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak