Ciptakan Tangan Robot, Pria Bali Disebut ‘Iron Man’


Sudah pernah nonton film yang ceritanya tentang robot separuh manusia seperti “Terminator” atau “District 9”? Rupanya, manusia setengah robot itu juga ada di dunia nyata, dan manusia yang seperti itu ada di Indonesia.

Di Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Bali seorang pria bernama I Wayan Sumardana alias Tawan (31) bisa membuat tangan robot untuk mengganti tangan kirinya yang mangalami kelumpuhan karena stroke.

Berbekal ilmu dari STM yang ia miliki, Tawan merancang tangan cyborg yang seluruh bahan bakunya berasal dari barang rongsokan, mulai dari shockbreaker sepeda motor, alat elektronik bekas sampai perangkat komputer lama.

Tentunya, rancangan tangan cyborg ini tidak bisa langsung berhasil digunakan, karena proses pembuatannya selalu butuh research and development. Baru di percobaan ke-5 bisa digunakan dan diberi nama robot EEG.

“Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya. Tanpa alat ini saya sama sekali nggak bisa bekerja menggunakan tangan kiri,” ujarnya seperti dikutip dari Balipost, Selasa (19/1/2016).

I Wayan Sumardana (Kotakgame)
I Wayan Sumardana (Kotakgame)

Tawan juga mendemonstrasikan aksi dimana saat ia mengangkat pelek mobil seberat 10 kg dengan tangan kanan terasa berat, tapi dengan tangan kirinya beban 10 kg dapat terangkat dengan cukup dengan mudah.

“Namun dalam menggunakan tangan robot ini sinyal otak saya sangat terkuras. Saya harus berkonsentrasi memikirkan atau fokus pada benda apa yang mau saya ambil. Kalau tidak fokus saya akan kesulitan, jadi dibutuhkan fokus otak untuk memerintahkan robot,” ujarnya lagi.

Dalam keterbatasan, ia masih melayani pekerjaan las panggilan bagi pelanggannya. Tawan mengaku bekerja di sebuah bengkel las yang terletak di tepi Jalan Candidasa, Tenganan Pegringsingan. Sebelum divonis lumpuh, menurut dokter, Tawan memiliki kadar kolesterol dan tekanan darahnya normal. Terlebih, ia masih muda dan punya berat badannya normal.

Rupanya orang Indonesia masih bisa dibilang tak kalah dengan negara lain, karena mampu menciptakan tangan cyborg, meskipun dengan bahan seadanya. Semoga di masa depan akan lebih banyak lagi orang yang bisa menciptakan teknologi canggih. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak