Kabar Gembira, Unpad Gratiskan Kuliah di Fakultas Kedokteran


Kabar gembira untuk kita semua yang niat jadi dokter terbaik Indonesia. Pasalnya Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, mulai tahun ini akan membebaskan seluruh biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran.

FK Unpad menyediakan sebanyak 250 kursi untuk ditawarkan ke calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

“Kesempatan terbuka bagi siapa saja, kalangan yang mampu secara finansial atau kalangan yang tidak mampu,” kata Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad dalam jumpa pers di Bandung hari Senin kemarin, seperti dikutip dari Hai-Onlinecom, Rabu (27/1/2016).

Fakultas Kedokteran Unpad (Intanrisma)
Fakultas Kedokteran Unpad (Intanrisma)

Menurut dia, sampai saat ini pemerintah kabupaten dan kota di Jabar mendukung kebijakan ini. “Mereka akan membiayai semua biaya pendidikan dari awal sampai selesai,” ucap Tri lagi.

Meski gratis, ada syarat yang ditetapkan Unpad kepada mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis, yaitu ada perjanjian antara calon mahasiswa dengan Unpad. Isi perjanjiannya kurang lebih menyatakan, ketika lulus nanti para dokter yang kuliah gratis ini wajib mengabdi di wilayah/instansi yang ditentukan. Jika tidak, Rektor berkomitmen tidak akan mengeluarkan ijazahnya.

â??Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran,â? tegas Rektor.

Dengan kata lain, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unpad setelah lulus harus bersedia ditempatkan di daerah yang diminta oleh pemerintah kabupaten/kota di Jabar. Bisa jadi nanti mahasiswa lulusannya ada yang ditempatkan di luar pulau Jawa.

Meski demikian, ini merupakan kabar gembira bagi kamu yang memang ingin mengambil kuliah di Fakultas Kedokteran, dan memang senang bepergian ke luar pulau. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak