Kasus-kasus Rumit yang Berhasil Dipecahkan Polisi Indonesia


Stigma terhadap polisi kadang selalu buruk. Namun, image ini berubah seiring dengan banyaknya pemberitaan tentang hebatnya mereka akhir-akhir ini. Lihat sendiri bagaimana respon masyarakat yang begitu positif melihat aksi heroik polisi-polisi di tregedi bom Sarinah beberapa waktu lalu. Sebenarnya bukan hanya kasus bom Sarinah saja, tercatat penegak hukum kita itu sudah berulangkali mengungkapkan kasus-kasus yang seakan mustahil untuk diselesaikan. Berikut beberapa kasusnya, seperti dilansir dari Boombastiscom, Selasa (2/2/2016).

1. Kasus Mirna

Jessica (Kompas)
Jessica (Kompas)

Belakangan, Indonesia dihebohkan dengan kasus pembunuhan Wayan Mirna, anak seorang pengusaha multi bisnis yang tewas setelah meminum kopi yang mengandung racun sianida. Setelah polemik yang cukup panjang, akhirnya kasus ini mulai menemui titik terang. Jessica yang menjadi saksi kunci dari kasus ini akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Hebatnya, polisi mampu membongkar kasus tingkat tinggi ini dalam waktu yang cukup singkat.

2. Kasus Pembunuhan Engeline

Engeline (Viva)
Engeline (Viva)

Masyarakat pernah dibikin geram oleh ulah seorang pria bernama Agus Tay yang begitu tega melecehkan lalu membunuh seorang gadis kecil bernama Engeline. Dulu ketika kasusnya masih booming, tak banyak spekulasi yang beredar karena tersangkanya sudah jelas. Namun, masyarakat kembali terhenyak begitu tahu siapa otak sesungguhnya di belakang aksi keji ini. Margriet, sang ibu angkat akhirnya dinyatakan sebagai tersangka. Wanita paruh baya ini akhirnya diputuskan bersalah karena terbukti melakukan pembunuhan terhadap gadis kecil itu.

3. Kasus Ryan Jombang

Ryan Jombang (Boombastis)
Ryan Jombang (Boombastis)

2008 mungkin jadi tahun paling menghebohkan dalam sejarah Indonesia di awal milenium. Bukan lantaran hal yang baik atau prestisius, melainkan terkuaknya sebuah pembunuhan paling keji yang dilakukan oleh pria bernama Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang. Awalnya kasus ini terungkap setelah polisi menemukan mayat yang termutilasi di Jakarta. Lalu dugaan pun mengerucut dan akhirnya membawa Ryan sebagai tersangka. Pemeriksaan tidak berhenti di sini. Polisi makin dalam menelusuri kasus pelik ini hingga akhirnya menemukan beberapa mayat lainnya di halaman rumahnya di Jombang, Jawa Timur. Total, ada sekitar 11 korban yang dibunuh Ryan dengan cara keji. Pria ini pun sekarang sedang menunggu proses hukuman matinya.

4. Kasus Bom Bali 2002

Bom Bali (Efekgila)
Bom Bali (Efekgila)

Indonesia pernah menjadi negara paling tidak aman di dunia. Tepatnya di tahun 2002 ketika negeri ini terguncang saat bom meletus dengan hebatnya di bali pada tahun 2002 lalu. Kejadian ini sontak menjadi headline di media-media seluruh dunia. Tak hanya karena dahsyatnya, tapi juga lantaran korbannya yang kebanyakan adalah warga asing. Akhirnya polisi pun bergerak cepat dengan menyisir jaringan-jaringan terorisme di Indonesia. Mereka pun menangkap banyak sekali tersangka yang terlibat aktif dalam aksi brutal mematikan ini. Beberapa tersangka pun dihukum mati, misalnya Amrozi dan Imam Samudra. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak