Smartphone Paling Murah Sedunia, Cuma Rp 50 Ribuan


Sejumlah produk telepon seluler (ponsel) murah membanjiri pasaran. Namun, tak ada yang harganya serendah buatan India ini.

Ponsel Freedom 251 buatan Ringing Bells, perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Noida (New Okhla Industrial Development Authority) tersebut, dibanderol seharga 251 rupee atau sekitar Rp 49 ribu. Harga ini menjadikannya produk ponsel termurah di India sekaligus di dunia.

Freedom 251 (Firstpost)
Freedom 251 (Firstpost)

Produk tersebut resmi diluncurkan di New Delhi pada Rabu, 17 Februari lalu. Namun, penjualan perdananya dilakukan pada hari Kamis, 18 Februari lalu di situs Freedom251.com. Para pembeli harus membayar 40 rupee untuk memastikan ponsel itu terkirim ke rumah mereka. Jadi harga total yang harus dibayar peminat adalah 291 rupee atau Rp 57 ribu.

Meski murah abis, bagian dalam ponsel ini tidak murahan. Dilansir dari Techtimes, Jumat (19/2/2016), ponsel Freedom 251 dijalankan menggunakan sistem operasi Android 5.1 atau Android Lollipop, RAM 1 GB, dan kapasitas memori penyimpanan 8 GB. Ponsel termurah itu juga dilengkapi layar qHD 4 inci dan dipersenjatai prosesor Qualcomm 1.3-GHz quad-core.

Spesifikasi Freedom 251 (Fonearena)
Spesifikasi Freedom 251 (Fonearena)

Setelah dirilis, sejumlah penduduk lokal berbondong-bondong mendatangi kantor pusat Ringing Bells Pvt. Ltd di Sector 63 Noida. Mereka ingin mendapatkan ponsel supermurah itu.  “Para pembeli mengira bisa membeli langsung ponsel pintar dari kantor di Sector 63,”kata salah satu pekerja Ringing Bells seperti dikutip dari Hindutimes. Polisi pun dikerahkan untuk mengamankan lokasi.

Dilihat sekilas, Freedom 251 memiliki tampilan mirip  iPhone, dengan bahan plastik yang cukup kuat. Untuk display juga tak mengecewakan. Pun dengan perangkat keras dan lunaknya. Namun jangan berharap banyak dengan kameranya. Meski tempat terang hasil jepretannya cukup baik, namun di lokasi yang kurang pencahayaan bisa dikatakan mengecewakan.

Freedom 251 (Ibnlive)
Freedom 251 (Ibnlive)

Lalu, mengapa ponsel ini bisa dihargai sangat murah? Ternyata, ponsel ini jadi murah karena ada subsidi besar-besaran dari pemerintahnya, dan pemberian subsidi tersebut dilakukan untuk mendukung program â??Make in Indiaâ??.

Program â??Make in Indiaâ?? sendiri kabarnya sudah diresmikan oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, sejak tanggal 24 September 2014 lalu. Program itu diterapkan dengan harapan bisa mendorong pengusaha lokal, agar lebih giat lagi dalam memproduksi barang di dalam negeri.

Tertarik membeli ponsel ini? Tahan dulu keinginanmu itu. Pasalnya, ponsel ini untuk sekarang hanya dijual di India saja, dan belum ditargetkan untuk dijual di luar India. Semoga saja nantinya ponsel ini bisa masuk ke Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak