Desain Jet Darat F1 Rio Haryanto Terinspirasi dari Metro Mini?

2013028mobil

Kabar penting datang dari tim Manor Racing yang baru saja merilis mobil F1 dengan nama MRT05. Hampir semua situs penggemar F1 mewartakan kabar gembira itu, tak terkecuali di Indonesia.

Maklum saja, MRT05 itu nantinya akan ditunggangi Rio Haryanto. Rio Haryanto dan Manor dalam beberapa hari ini telah memenuhi linimasa para pengguna internet (netizen) di Indonesia.

Tunggangan Rio Haryanto dalam lintasan itu diunggah di akun Twitter Manor Racing. Penampakannya bisa kamu lihat di bawah ini.

Dari foto di atas, terlihat bahwa tunggangan Rio ini berwarna biru-merah-biru. Selain itu terdapat tulisan ‘Pertamina’ di sayap belakang. Namun muncul meme yang menyebut mobil Rio Haryanto mirip dengan cat metromini. Dengan cepat foto yang menyandingkan mobil Rio dan Metromini beredar di media sosial. Foto itu diunggah oleh pengguna Twitter bernama @fadhilah_arief.

“Manor benar-benar mencintai Indonesia,” katanya sambil menampilkan tautan gambar MRT05 dan gambar bus metromini. Dia juga mengatakan bahwa mungkin saja inspirasi warna mobil F1 Rio itu datang dari desain warna Metro Mini. Tentu saja pernyataan itu hanya bercanda saja.

Metro Mini sendiri adalah simbol sesuatu yang sulit diartikan dari satu perspektif. Ia mewakili “kekacauan”, “kekumalan”, “dekil”, “jelek”, “murah”, “ugal-ugalan”, “tidak nyaman”. Tetapi, dia juga mewakili sisi lainnya yang unik, yaitu “nekat”, “laju”, “berani mati”, dan “dekat dengan rakyat”.

Netizen Indonesia memang unik. Kekritisannya tak bisa dilihat dari kicauan mereka semata. Boleh jadi, walaupun mereka menanggapi dengan nyinyir, mereka tetap akan menanti dengan setia balapan F1 dan berharap Manor dan Rio menuai kemenangan.

Pengandaian netizen terhadap mobil balap Manor dengan bus Metro Mini boleh saja ditanggapi dengan dua versi. Bagi pendukung Rio, inilah saatnya memasukkan Manor dan MRT05 dalam kosakata dan percakapan sehari-hari warga Indonesia. Bagi haters Rio, saat ini juga bisa puas tertawa sambil menyebarkan meme Manor versus Metro Mini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.