FB-Twitter Terancam Diblokir, Pakai 5 Medsos Indonesia Ini Aja…


Saat ini, media sosial buatan luar negeri seperti Facebook atau Twitter semakin banyak digunakan oleh orang Indonesia. Layanan media sosial itu dinamakan layanan Over The Top (OTT).

Saat ini, Pemerintah tengah menggodok peraturan yang berkaitan dengan OTT. Peraturan yang dijanjikan akan rampung dan disosialisasikan mulai akhir Maret ini memang mewajibkan para pemilik layanan OTT memiliki badan usaha resmi di Indonesia. Jika para pemilik layanan OTT tidak ingin mengikuti peraturan ini, maka mereka harus siap-siap hengkang dari Indonesia.

Jika medsos seperti FB atau Twitter tidak mengikuti aturan itu, maka kedua layanan itu akan diblokir, dan tidak bisa digunakan oleh orang Indonesia. Namun, jangan khawatir, karena Indonesia sudah memiliki aplikasi media sosial buatan kita sendiri. Berikut adalah 5 medsos buatan Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Sebangsa

Sebangsa (Money)
Sebangsa (Money)

Pertama kali diluncurkan pada Agustus 2014, Sebangsa adalah media sosial buatan anak negeri yang memang ditujukan untuk orang Indonesia. Sekilas, Sebangsa ini mirip Facebook dan Twitter, namun dengan tambahan fitur lainnya. Fitur pertama, Sebangsa 911. Dalam fitur ini, pengguna dapat meminta bantuan dan berkerja sama untuk menginformasikan kondisi darurat. Fitur kedua, Sebangsa 1800. Di sini, pengguna dapat mengajukan pertanyaan, mengirimkan pengaduan, memberi saran, dan mengulas sebuah penyedia layanan (brand) dari suatu produk dan atau jasa.

2. Kwikku

Kwikku (Money)
Kwikku (Money)

Kata Kwikku merupakan plesetan dari kata â??kuiâ?? dan â??iku.â?? Dalam bahasa Jawa, kata â??kui ikuâ??berarti  â??itu tuhâ??. Untuk mengungguli Facebook dan Twitter, Kwikku memiliki kelebihan. Selain bisa meng-update status, gambar, foto, dan video, pengguna Kwikku juga bisa menampilkan catatan, peta, artikel, dan juga lainnya. Selain itu, Kwikku juga ditujukan untuk membuat penggunanya lebih produktif lagi dengan fitur yang disediakan. Bahkan, Kwikku juga memiliki mata uang sendiri dengan bentuk token. Token ini bisa dipakai untuk membeli apapun yang diinginkan di Kwikku, mulai dari fitur Boost Akun!, melihat semua profil yang mengunjungi profil pengguna, bahkan untuk membuat emotikon milik mereka sendiri.

3. Keepo

Keepo (Money)
Keepo (Money)

Diperkenalkan pada publik pada 2012, Keepo memang sebuah media sosial yang terbilang unik. Dengan mengadopsi fitur microblogging, Keepo ingin pengguna fokus pada ketertarikan mereka. Di sini, pengguna tidak hanya bisa sebagai pengguna saja, namun juga bisa sebagai konten kreator. Memang, sistem yang dianut oleh Keepo adalah menggiring penggunanya untuk membuat media kecil untuk berkomunikasi dengan orang lain, yang memiliki ketertarikan yang sama. Selain itu, Keepo memiliki segudang kanal untuk mengkoneksikan jutaan penggunanya. Lalu, Keepo juga memiliki beberapa fitur tambahan, seperti INTEREST, ISSUE, INTERACTION, INSERT, dan CHALLENGE.

4. MindTalk

MindTalk (Money)
MindTalk (Money)

MindTalk adalah media sosial yang memiliki keunikan, dimana penggunanya difokuskan terhadap minat tertentu. Pengguna bisa mengikuti saluran minat yang telah disediakan oleh MindTalk, mulai dari fotografi, teknologi, fesyen, selebriti, kesehatan, otomotif, hingga bisnis, dan pemasaran. Pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti membagi foto, video, hingga artikel. Yang lebih hebatnya lagi, MindTalk kini sudah menjadi aplikasi bawaan di gadget Polytron, dan beberapa tablet lokal.

5. Kombes

Kombes (Surly)
Kombes (Surly)

Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya. Karena memang buatan Indonesia, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah orang Indonesia. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada. Pengguna situs ini bisa saling berbagi profil, komentar, foto, ide-ide, dan pengetahuan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak