Friendster ‘Terlahir’ Kembali, Ini Penampakannya


Masih ingat dengan Friendster? Bagi kamu yang sudah aktif menggunakan internet tahun 2000-an tentu familiar dengan situs pertemanan yang satu ini. Di mana saat itu, kamu pasti masih ingat betul kalau Friendster sempat booming semenjak diluncurkan pada tahun 2002. Pasalnya, saat itu masih belum ada Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Bisa dibilang kalau Friendster adalah Facebook pada masa itu. Selain difungsikan untuk mencari teman di dunia maya, situs ini juga sukses jadi ajang jodoh dan promosi komunitas. Sehingga wajar jika situs ini memiliki banyak pengguna, termasuk dari Indonesia.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pasar Friendster pun dilahap habis dengan kedatangan Facebook dan kemudian Twitter. Saat itulah Friendster perlahan-lahan merosot posisinya dan harus beralih menjadi situs berbasis game online sosial yang terpusat di Malaysia pada bulan Mei tahun 2011. Namun bukannya terselamatkan, tapi jumlah pengguna semakin merosot tajam.

Meski sempat jatuh bangun dan berusaha memijakkan diri di posisinya dulu. Namun, Friendster memang sudah terlanjur dilupakan pengguna. Sehingga pada bulan Juni tahun 2015 kemarin, situs ini memutuskan untuk memberhentikan semua layanannya. Tapi tak lama kemudian, sebuah situs dengan alamat Friendster.id mendadak mencuri perhatian netizen kembali baru-baru ini.

Friendter baru (Friendster.id)
Friendter baru (Friendster.id)

Dilihat dari alamat situsnya, sepertinya Friendster versi baru yang telah terlahir kembali ini memiliki server di Indonesia. Dengan tampilan latar berwarna biru tua sedikit gelap, situs pertemanan dengan alamat yang baru ini menyapa pengguna dengan gambar pintu terbuka, dua icon cowok-cewek, anjing dan hiasan balon. Sungguh, kamu pasti bakal ikut gembira situs ini kembali terlahir. Apalagi desain tampilan dan penggunaannya jauh lebih ramah dari yang sebelumnya. Bisa dibilang, segala sesuatunya banyak sekali yang mirip dengan Facebook atau Twitter.

“Friendster adalah sebuah media sosial yang membantu untuk berbagi asa, cerita, dan tawa bersama orang-orang terpenting dalam hidup Anda. Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia. Bersama Friendster Anda akan tetap dekat dengan kami, kita, dan mereka. Selamanya,” tulis keterangan yang ada di situs tersebut.

Masih belum jelas apakah ini adalah situs abal-abal, jiplakan atau memang sudah diakuisisi oleh perusahaan tertentu yang terindikasi ada dan beroperasi di Indonesia. Meskipun sampai saat ini situs bisa diakses dengan lancar, namun pengguna sepertinya bakal kesusahan untuk mendaftar akun di situs tersebut, karena sedikit lemot bahkan bagi yang punya akses internet cepat.

Tertarik untuk kembali bernostalgia menggunakan Friendster? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak