Indonesia Bakal Kedatangan Gerhana Bulan Malam Ini


Apakah kamu ketinggalan momen Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia pada 9 Maret lalu? Jangan bersedih hati dulu. Sebagai gantinya, malam ini, kamu bakal menyaksikan fenomena alam yang tak kalah keren. Pasalnya, Indonesia bakal menjadi saksi Gerhana Bulan Penumbra (GBP).

Gerhana bulan sendiri adalah fenomena alam di mana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Ini terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan bulan pada satu garis lurus sehingga sinar Matahari tak sampai ke bulan karena terhalang Bumi.

Proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra (Ecobuzzla)
Proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra (Ecobuzzla)

Sementara, yang akan terjadi di Indonesia nanti malam adalah Gerhana Bulan Penumbra. Apa bedanya? Saat GBP, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang cukup suram.

“GBP pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah GMT. GBP terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, mencapai puncaknya pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.57 WIB. Masyarakat bisa menyaksikan GBP jika diamati secara detail dan cuaca benar-benar cerah,” ungkap Taufik Hermawan, Prakirawan BMKG Juanda, seperti dikutip dari Kapanlagicom, Rabu (23/3/2016).

Rupanya, GBP tahun ini tak hanya terjadi nanti malam saja, melainkan bakal terjadi lagi tanggal 18 Agustus dan 17 September mendatang. Tentu saja fenomena alam ini terdengar menyenangkan karena Indonesia akan jadi saksi banyak fenomena alam yang cantik.

Tidak punya kegiatan nanti malam? Kamu bisa melihat langit untuk menyaksikan fenomena alam ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak