5 Film yang Kobarkan Nasionalisme Kamu untuk Indonesia


Film-film yang hadir di bioskop Indonesia kini kebanyakan film Hollywood, atau bukan film buatan Indonesia. Namun, sineas muda di negeri kita ini dapat membuktikan kemampuan mereka. Hasil karya anak negeri pun tidak kalah mumpuni. Selain film yang berkualitas, mereka juga mampu memberikan pesan moral, yaitu rasa nasionalisme atau rasa cinta yang tinggi akan Indonesia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 film yang kobarkan nasionalisme untuk Indonesia.

1. Habibie & Ainun

Film ini diangkat dari memoir yang ditulis Habibie mengenai mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie, dalam buku “Habibie dan Ainun”. Rudy Habibie merupakan seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar, yaitu berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya. Film ini sarat pesan moral dan kesetiaan terhadap negara.

2. 5 CM

“5 CM” merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama.Film ini mengisahkan tentang persahabatan 5 orang untuk bisa mengibarkan bendera Indonesia di puncak tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus. Petualangan 5 orang dalam mendaki gunung ini bisa menginspirasi penontonnya untuk melakukan apapun demi membuktikan rasa cinta Indonesia.

3. Gie

“Gie” merupakan film yang diispirasi dari buku â??Catatan Seorang Demonstranâ? yang merupakan kisah hidup aktivis dan pecinta alam mahasiswa Universitas Indonesia keturunan Tionghoa, Soe Hok Gie. Semangat pejuangnya, setiakawannya, dan hatinya yang dipenuhi kepedulian sejati akan orang lain dan tanah airnya, membaur di dalam diri Hok Gie kecil dan membentuk dirinya menjadi pribadi yang tidak toleran terhadap ketidakadilan. Dia juga memimpikan Indonesia yang didasari oleh keadilan dan kebenaran yang murni.

4. Trilogi Merdeka

Film ini terdiri dari 3 film, yaitu “Merah Putih” (2009), “Darah Garuda” (2010), “Hati Merdeka” (2011). Film-film ini berkisah mengenai perjuangan sekumpulan tentara Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya hingga titik darah penghabisan.

5. Tanah Air Beta

Film ini mengangkat kehidupan keluarga yang terpisah akibat pelepasan Timor Timur dari Indonesia pada tahun 1998 silam. Nilai nasionalisme di film ini sangat terasa saat salah satu tokoh utamanya, Tatiana yang seorang guru, memilih untuk mengungsi ke Kupang, NTT, bersama anak perempuannya, Merry, karena tetap ingin menjadi bagian dari RI. Film ini terasa sangat spesial karena mengambil latar di Atambua, NTT. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak