Siswa SMA Bengkulu Bikin Tusuk Gigi Pendeteksi Boraks


Siswa-siswi SMAN 10 Pentagon, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, menorehkan prestasi yang menakjubkan. Mereka mampu menciptakan alat pendeteksi makanan yang mengandung boraks. Zat ini biasa ditemukan pada makanan bakso, mie, dan lain-lain.

Alat pendeteksi tersebut terbuat dari tusuk gigi yang sebelumnya telah direndam dengan menggunakan bumbu masak kunyit selama 30 menit.

Dijelaskan salah satu siswi kelas XI SMAN 10 Pentagon, Vionica Fiski, seperti dilansir dari Okezonecom, Senin (4/4/2016), cara kerja alat pendeteksi makanan mengandung boraks sangat sederhana. Setelah tusuk gigi direndam dengan air kunyit selama 30 menit, maka akan berubah warna menjadi kuning.

SMAN 10 Pentagon (Harianrakyatbengkulu)
SMAN 10 Pentagon (Harianrakyatbengkulu)

Untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung boraks atau tidak, tambah Vionica, tusuk gigi yang sebelumnya telah direndam dengan kunyit dan sudah dikeringkan dimasukkan ke makanan yang diduga mengandung boraks.

â??Jika makanan mengandung boraks, maka tusuk gigi akan berwarna merah kecoklatan. Tapi kalau tidak menganduk boraks, maka warna tusuk gigi berwarna kuning atau warnanya tidak berubah,â? terang Vionica.

Inspirasi penemuan tusuk gigi pendeteksi boraks ini, tambah Vionica, diperoleh dari guru di SMAN 10 Pentagon. Dari situ, kata dia, dirinya mulai melakukan tes untuk melakukan uji laboratorium atas hasil riset tersebut.

â??Inspirasinya dari guru. Dari sana, kami langsung uji coba, dan hasilnya tes itu berhasil,â? pungkas Vionica.

Sekarang, kalau kamu suka membeli makanan bakso atau mie, kamu tak perlu khawatir apakah makanan yang akan kamu makan itu mengandung boraks, karena kamu bisa mendeteksinya sejak dini menggunakan tusuk gigi ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak