5 Band Kocak yang Karyanya Bikin Ngakak


Yang namanya karya ada bermacam-macam. Begitu juga dalam hal bermusik. Jika biasanya musisi menciptakan lagu dengan serius dan penuh penghayatan, namun ada kalanya musisi menciptakan lagu dengan nuansa humor. Beberapa band ini merupakan grup yang membawakan musik dengan sentuhan humor. Tak hanya humor saja yang mereka andalkan, namun beberapa pesan moral juga dimasukkan dalam lagu-lagu mereka. Berikut adalah 5 band kocaknya, seperti dilansir dari Kapanlagicom, Senin (4/4/2016).

1. Pengantar Minum Racun (PMR)

Apa kalian mengenal sosok Jhonny Iskandar? Yap, penyanyi dangdut senior ini bergabung dalam grup PMR dan didaulat sebagai frontmannya. Mereka membawakan lagu Orkes yang memuat humor-humor cerdas. Tak hanya memberikan hiburan semata, mereka juga memasukkan pesan moral dalam karyanya. Judul-judul dari lagu PMR antara lain adalah “Judul-judulan” dan “Bintangku Bintangmu”, dan lain-lain. Mereka juga telah menelurkan mini album berjudul “Orkeslah Kalau Bergitar”.

2. Teamlo

https://www.youtube.com/watch?v=FhWbk0-L-_Y

Grup band lawak ini meledak setelah mengisi musik di salah satu acara milik TPI, API (Audisi Pelawak TPI). Mereka menamakan diri sebagai Teamlo. Pada awalnya Teamlo beranggotakan Wawan Bakwan (vokal),  Pangsit Anjasmara (vokal), Benjovi (vokal), Bobby Messakh (gitar), Dondot Kembung (bass) dan Avis Sukaesih (drum). Mereka semua membentuk band ini di kota Solo. Nama Teamlo pun diambil tak jauh dari asal kota mereka, Teamlo merupakan kependekan dari Tim Humor Solo yang juga merupakan plesetan dari minuman hangat khas Jawa Tengah Timlo. Beberapa tahun berjalan akhirnya Pangsit dan Benjo memutuskan untuk mengundurkan diri. Datanglah nama pengganti yaitu Ade, Kudil, Argo Jimmy bergabung dengan Teamlo untuk mengisi kekosongan vokalis. Sayang grup ini memutuskan untuk bubar pada tahun 2014.

3. PHB (Pemuda Harapan Bangsa)

Orkes ini dibentuk pada tanggal 26 Oktober 1996. Setidaknya ada 5 album yang telah dikeluarkan oleh PHB antara lain “Si Penghayal”, Orkesnisasi, Say No to Drums”, dan “Modal Dengkul”. Untuk single, grup asal Bandung ini memiliki “Baso Mas Parto” serta “Mahasiswa Rantau”. Yang menjadi inspirasi pembentukan grup ini adalah salah satu grup musik humor legendaris Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak (PSP).

4. The Panas Dalam

The Panas Dalam merupakan satu grup bentukan Pidi Baiq pada tahun 2005 silam. The Panas Dalam mengemas cerita terbentuknya mereka dengan sangat jenaka. Beberapa istilah-istilah yang tak lazim seperti Imam Besar julukan untuk Pidi Baiq serta The Panasdalam Serikat untuk menyebut bandnya ini. Untuk lagu andalan, The Panas Dalam punya lagu berjudul lagu “Cita-Citaku”. Dalam lirik lagunya Pidi Baiq dan kawan-kawan memberikan istilah-istilah kocak.

5. Pancaran Sinar Petromaks (PSP)

Sebuah grup musik dangdut humor yang populer sejak akhir 70-an bernama Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP) ini tak bisa dilewatkan. Grup ini kerap kali tampil bersama Warkop ketika masa Prambors. OM PSP sering kali membuat versi humor dari lagu-lagu dangdut populer tahun 1960-1970an. Mereka juga dianggap pelopor dari musik humor yang ada di Indonesia. Para personel PSP datang dari mahasiswa Universitas Indonesia. Mereka terdiri dari Monos, Omen, Ade Anwar, Rizali Indrakesumah, Dindin, Aditya, Andra Ramadan, James R Laspian dan Edwin Hudioro. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak