Diciptakan Robot Cantik Mirip Artis Hollywood


Seorang pria asal Hong Kong, Ricky Ma, berhasil membuat robot cantik yang tampangnya mirip artis Hollywood. Rambutnya pirang, matanya berbinar dengan alis tebal, serta hidung mancung dan bibir merah. Bisakah kamu tebak siapa?

Ternyata, robot itu dibuat mirip dengan Scarlett Johansson, pemeran Black Widow dalam film “The Avengers”. Selama 1,5 tahun lamanya dan menghabiskan biaya sebesar USD 50 ribu (sekitar Rp 657 juta), pria berusia 42 tahun ini akhirnya menciptakan robot mirip manusia atau yang disebut Humanoid bak Johansson. Dilansir dari Metro, Selasa (5/4/2016), Humanoid yang diberi nama Mark 1 buatan Ma ini dianggap sangat istimewa karena bisa mereplika wajah cantik Johansson.

Mark 1 dan Ricky Ma  (Metro)
Mark 1 dan Ricky Ma (Metro)

Ricky menyebut, ketertarikannya pada robot sudah berlangsung saat ia kanak-kanak. “Saat masih kecil, saya sangat menyukai robot. Sebab saya senang menonton film animasi. Semua anak suka Transformers, kartun mengenai robot yang berkelahi, serta sejumlah gim mengenai robot,” ujarnya.

Setelah dewasa, Ricky berkeinginan untuk membuat sebuah robot. “Namun selama prosesnya, banyak orang menganggap ide tersebut bodoh dan menghabiskan banyak uang. Mereka meledek, apakah saya benar-benar dapat membuatnya,” kata Ricky.

Mark 1 (Metro)
Mark 1 (Metro)

Dengan berbagai cibiran, ia pun berhasil menciptakan sebuah robot dengan teknologi yang tak bisa dianggap remeh. Mark 1 sendiri punya kemampuan bergerak secara terbatas, seperti membungkuk, menggerakkan tangan dan jari-jari, serta membuat ekspresi wajah dengan mengedipkan mata. Ma turut menanamkan kemampuan berbicara dan merespon sejumlah pertanyaan.

Mark 1 dan Ricky Ma  (Metro)
Mark 1 dan Ricky Ma (Metro)

Rangka Mark 1 berbentuk serupa tulang manusia serta dibuat dengan printer 3D. Sebanyak 70 persen tubuh robot ini, menurut Ma, merupakan hasil cetak tiga dimensi. Di atas rangka itu Ma meletakkan komponen-komponen mekanik dan elektronik, lalu dibungkus dengan kulit berbahan silikon.

â??Saat Anda melihat secara keseluruhan, proses pembuatannya benar-benar sulit,â? kata Ma, yang harus belajar aneka topik seperti elektromekanika dan programming demi mewujudkan Mark 1.

Di masa depan nanti, Ma meyakini peranan robot di masyarakat akan semakin besar. Dia berharap prototipe robot bikinannya itu akan dibeli investor sehingga menambah dana untuk pengembangan lebih lanjut.

Kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=Hv4tfKhyj08

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

596 shares

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
68
Love
OMG OMG
56
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
79
Keren Nih
Ngakak Ngakak
113
Ngakak