Ardi Yusuf, Peserta Tertua Ujian Nasional 2016


Tak ada kata terlambat untuk menempuh pendidikan. Itulah deskripsi yang lengkap untuk menggambarkan situasi seorang kakek bernama Ardi Yusuf. Di usianya yang sudah mencapai 61 tahun, dirinya masih antusias mengikuti ujian kejar Paket C setara SMA.

Ardi tercatat sebagai siswa Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pajajaran, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara. Saat mengikuti ujian, terlihat beberapa kali Ardi mengernyitkan dahinya. Itu menandakan kalau dia seperti kesulitan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Namun dia tetap optimis bisa menjawab semua soalnya.

Ardi Yusuf (Liputan6)
Ardi Yusuf (Liputan6)

“Lumayan susah soal-soal ujiannya. Tapi saya yakin jawabannya pasti benar,” ucap Ardi, saat ditemui usai ujian paket C, seperti dikutip dari Kompascom, Rabu (6/4/2016).

Dalam kehidupan sehari-hari, kakek yang sudah dianugerahi tiga orang cucu ini bekerja sebagai penjual sembako di rumahnya. Meski sudah tidak muda lagi, dia tidak merasa malu dan minder dalam mengikuti ujian nasional tahun ini. Menurut dia, menuntut ilmu tidak kenal waktu dan usia.

“Ya, harus tetap semangat. Pendidikan itu penting sekalipun sudah tua, kayak saya,” kata Ardi. “Orang lain mungkin berpandangan kalau sudah tua, ijazah enggak ada gunanya. Tapi bagi saya tidak. Setidaknya, saya bisa memberi contoh kepada anak-anak saya,” tambah dia.

Ardi Yusuf (Okezone)
Ardi Yusuf (Okezone)

Ia bertekad mendapatkan ijazah setara SMA hanya untuk memotivasi anak-anak muda agar semangat menuntut ilmu dan tidak mudah membeli ijazah palsu.

Dalam kesehariannya, ia senang membaca. Semua hal dia baca, dari koran hingga buku-buku pelajaran. Meskipun, suka terasa pusing jika membaca terlalu lama. “Saya suka sekali baca buku, apa lagi saya suka yang namanya pengetahuan sama olahraga. Tapi saya pikir ilmu saya masih kurang makanya saya mau belajar lagi,” jelasnya.

“Paling sering sih nonton berita di TV, lihat perkembangan negara ini,” tuturnya.

Ardi berharap dengan keikutsertaannya dalam mengikuti ujian paket C ini dapat memberikan motivasi kepada keluarga dan generasi muda agar terus bersemangat menggapai ilmu yang tidak mengenal usia.

Ardi Yusuf (Tribunnews)
Ardi Yusuf (Tribunnews)

“Saya aja yang sudah bau tanah ini masih mau belajar sama ikut paket C, masa yang masih muda-muda males belajar. Jangan sampai menyesal nantinya,” pungkasnya.

Mulai tanggal 4 April lalu, Ardi bersama 1.364 peserta ujian lainnya mengikuti ujian nasional untuk Paket C di Kota Bogor. Ujiannya dibagi di 4 lokasi sekolah yakni SMPN 12, SMPN 5, SMPN 8, dan SMA PGRI 4. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak