Mengintip Perpustakaan Megah yang Tersebar di Dunia


Dengan semakin berkembangnya teknologi, orang sudah mulai melupakan keberadaan perpustakaan dan beralih ke internet karena lebih praktis. Meski demikian, perpustakaan merupakan tempat yang sangat penting terutama bagi orang yang gemar membaca buku. Dilansir jadiBerita dari CNN, Jumat (8/4/2016), berikut adalah perpustakaan megah dan indah yang tersebar di dunia.

1. Strahov Abbey Library, Praha, Republik Ceko

Strahov Abbey Library (CNN)
Strahov Abbey Library (CNN)

Tersusun rapi dan banyak sekali buku di sana dengan desain interior perpustakaan yang klasik. Di bagian atap juga terdapat lukisan dengan nilai seni tinggi.

2. Tripitaka Koreana, Haeinsa, Korea Selatan

Tripitaka Koreana (CNN)
Tripitaka Koreana (CNN)

Tripitaka Koreana (Tripitaka Goryeo) atau Palman Daejanggyeong adalah Tripitaka khas Korea. Tripitaka Koreana terdiri dari 81.340 blok cetak kayu yang diproduksi dari abad ke-13, dikenal sebagai versi kanon Buddhis paling lengkap di dunia.

3. Tianyi Chamber, Ningbo, Tiongkok

Tianyi Chamber (CNN)
Tianyi Chamber (CNN)

Salah satu perpustakaan tertua yang masih hidup di Tiongkok. Didirikan pada 1561 oleh Fan Qin selama dinasti Ming di masa jayanya. Perpustakaan ini memiliki koleksi sekitar 70 ribu volume buku antik.

4. The Peabody Library, Baltimore, Amerika Serikat

The Peabody Library (CNN)
The Peabody Library (CNN)

Peabody Library sebelumnya dikenal sebagai Perpustakaan Peabody Institute. Desain interior  yang cukup megah menambah daya tarik perpustakaan dari AS ini.

5. Biblioteka Maletestiana, Cesena, Italia

Biblioteka Maletestiana (CNN)
Biblioteka Maletestiana (CNN)

Yang unik dari perpustakaan ini adalah suasananya yang mendekati perpustakaan abad pertengahan.

6. Merton College Library, Oxford, Inggris

Merton College Library (CNN)
Merton College Library (CNN)

Perpustakaan ini adalah salah satu perpustakaan paling awal di Inggris dan perpustakaan akademis tertua di dunia. Koleksi utama di sini ada sekitar 70 ribu volume.

7. Biblioteca Marciana, Venice, Italia

Biblioteca Marciana (CNN)
Biblioteca Marciana (CNN)

Perpustakaan ini dilengkapi dengan sebuah bangunan yang dirancang oleh Jacopo Sansovino. Selain sekitar satu juta buku cetak, Biblioteca Marciana berisi sekitar 13 ribu manuskrip, 2.883 incunabula dan 24.055 karya cetak.

8. Bodleian Library, Oxford, Inggris

Bodleian Library (CNN)
Bodleian Library (CNN)

Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, dan di Britania Raya merupakan yang terbesar kedua dalam kapasitasnya setelah British Library, dengan koleksi lebih dari 11 juta.

9. Admont Abbey Library, Admont, Austria

Admont Abbley Library (CNN)
Admont Abbey Library (CNN)

Perpustakaan ini adalah salah satu dari perpustakaan biara terbesar di dunia. Dibangun pada 1776, interior dari perpustakaan ini semuanya memiliki nilai seni cukup tinggi.

10. Phillips Exeter Academy Library, New Hampshire, Amerika Serikat

Phillips Exeter Academy Library (CNN)
Phillips Exeter Academy Library (CNN)

Perpustakaan ini adalah perpustakaan sekolah menengah terbesar di dunia, dengan koleksi buku sebanyak 160 ribu volume pada sembilan tingkat dan kapasitas rak 250 ribu volume.

11. Biblioteca Joanina, Coimbra, Portugal

Biblioteca Joanina (CNN)
Biblioteca Joanina (CNN)

Perpustakaan yang berada di Universitas Coimbra ini dibangun pada abad ke-18 selama pemerintahan Raja João V. Perpustakaan ini berisi sekitar 250 ribu volume tentang kedokteran, geografi, sejarah, studi humanistik, ilmu pengetahuan, hukum perdata dan kanon, filsafat dan teologi.

12. The Escorial Library, San Lorenzo de El Escorial, Spanyol

The Escorial Library (CNN)
The Escorial Library (CNN)

Perpustakaan ini memiliki lorong utama yang megah, karena merupakan perpaduan dari desain rak buku, susunan buku, serta luksian yang berada di dinding perpustakaan. Perpustakaan ini sendiri dibangun pada 1585 dan diresmikan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tanggal 2 November 1984.

13. Mafra Palace Library, Mafra, Portugal

Mafra Palace Library (CNN)
Mafra Palace Library (CNN)

Perpustakaan ini diklasifikasikan sebagai Monumen Nasional pada tahun 1910, dan juga pernah menjadi salah satu finalis Tujuh Keajaiban Portugal.

14. Beinecke Rare Book & Manuscript Library, New Haven, Amerika Serikat

Beinecke Rare Book & Manuscript Library (CNN)
Beinecke Rare Book & Manuscript Library (CNN)

Beinecke Rare Book & Manuscript Library adalah perpustakaan buku langka dan arsip sastra dari Perpustakaan Universitas Yale di New Haven. Gedung ini dirancang oleh Gordon Bunshaft dari Skidmore, Owings & Merrill dan selesai dibangun pada tahun 1963.

15. Utrecht University Library, Utrecht, Belanda

Utrecht University Library (CNN)
Utrecht University Library (CNN)

Perpustakaan yang berada di sebuah Universitas di Belanda ini adalah salah satu universitas tertua di Belanda dan salah satu yang terbesar di Eropa. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak