Grime, Aliran Musik Baru Mirip Hip Hop


Butterz 3rd Birthday at Cable London.

Kamu tentu tak asing lagi dengan beberapa aliran musik yang terkenal sekarang ini, seperti misalnya pop, rock, hip hop, atau jenis musik lainnya. Namun pernahkah kamu mendengarkan aliran musik Grime?

Musik Grime adalah genre musik yang berasal dari Inggris. Genre Grime sendiri mulai muncul sekitar awal tahun 2000-an. Daerah asal utama dari musik ini adalah dari daerah London Timur.

Pada awal kemunculannya, genre ini dilabeli sebagai genre ‘8-beat’, ‘sublow’ karena frekuensi bassnya berkisar pada 40 Hz, ‘nu shape’,dan ‘eskibeat’ sebagaimana diciptakan oleh salah satu pionir genre Grime, Wiley, yang dulunya bernama panggung Eskiboy.

Wiley (Factmag)
Wiley (Factmag)

Pada dasarnya Grime berakar dari genre UK Garage, Electronic (utamanya Drum and Bass), dan Dancehall. Musik dari genre Grime utamanya bertema cukup gelap, sebagai hasil pengaruh genre UK Garage. Bahkan beberapa orang menyebut Grime sebagai genre turunan dari Hip-Hop. Karena itu wajar saja jika didengar sekilas, musik Grime mirip dengan Hip-Hop. Dalam perkembangannya, genre Grime juga mengambil elemen-elemen dari genre seperti Hip-Hop, Rap dan Dubstep.

Musisi yang mengusung jenis musik ini antara lain adalah Wiley, Dizzee Rascal, Kano, dan Lethal Bizzle. Namun, musik Grime baru terkenal di dunia internasional sekitar tahun 2015.

Lethal Bizzle (Scala)
Lethal Bizzle (Scala)

Lalu apa bedanya musik Grime ini dengan musik Hip-Hop atau Rap? Seperti disebutkan sebelumnya, Grime memiliki beat yang lebih cepat daripada Hip-Hop atau Rap. Seperti halnya Rap, Grime juga berfokus pada lirik, namun Grime juga menonjolkan musik background untuk menonjolkan unsur cepat.

Beda lainnya Grime biasanya bertema lebih gelap, dingin dan kejam ketimbang Hip-Hop dan Rap. Lirik dalam musik Grime juga umumnya dipikirkan dengan matang sebelumnya agar bisa cocok dengan beat background, tidak seperti Rap yang bisa dimunculkan sebagai improvisasi/spontanitas.

Secara kultural, berhubung beda negara asal, Hip-Hop dan Rap cenderung membicarakan tentang budaya yang ada di Amerika Serikat, sementara Grime membicarakan tentang budaya yang ada di Inggris. Secara instrumen, Grime lebih banyak menggunakan instrumen elektronik ketimbang Hip-Hop dan Rap.

Singkatnya, Hip-Hop cocok untuk bersantai, Rap cocok jika kamu sedang moody/serius, dan Grime cocok jika kamu sedang berolahraga berat.

Kamu bisa lihat contoh dari musik Grime lewat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak