Rancangan Kota-Kota Vertikal ini, Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala


Bumi ini memang amat luas. Namun seiring berkembangnya zaman, luas bumi tak mampu menampung jumlah manusia, apalagi jika manusia tak ingin hidup menyebar di pedesaan, dan lebih memilih hidup di perkotaan. Maka keterbatasan lahan di perkotaan menjadi masalah saat ini.

Keterbatasan lahan yang kerap kali menjadi kendala dalam membangun sebuah permukiman baru ini, bisa diatasi dengan menciptakan ruang vertikal yang hampir tak terbatas dalam pusat-pusat perkotaan.

Nah, berikut ini 5 kota dengan konsep vertikal di dunia, seperti dikutip dalam Weburbanis yang menakjubkan dan bakal bikin kalian geleng-geleng kepala.

High-Rise High-Density Tropical Living, Singapura

Woha.net

Kondominium yang ada di Singapura, rancangan vertikal yang mampu menampung 100ribu orang dalam satu kilometer persegi tanpa mengorbankan kualitas hidup manusia di luarnya. Rancangan ini sukses lolos kompetisi untuk merancang kota vertikal untuk Singapura dengan konsep go green WOHA’s Entry. Struktur bangunan ini harus memastikan memiliki tingkat udara segar dan sinar matahari yang tinggi.

Stacked Modules, Vancouver

www.bdcnetwork.com

Bangunan bertumpuk ini didesain oleh Ole Scheeren. Stacked Modules ini terdiri dari modul yang ditumpuk bujur sangkar yang ditancapkan dari menara utama di berbagai sudut. Tujuannya untuk menyambung kembali arsitektur dengan lingkungan alami dan sipil, mendorong interaksi sosial antara penduduk.

Citytree Towers by Vincent Callebaut

weburbanist.com

Arsitek Vincent Cellebaut memang terkenal karena kerap kali menciptakan konsep unik yang cenderung aneh dan terinspirasi oleh alam. Citytree tower ini merupakan menara dengan bentuk memutar dan mengambil bentuk dari struktur DNA helix. Konsep Citytree menghasilkan lebih banyak energi dan mampu mengolah sampah sendiri. Desain memutar memastikan bahwa semua penduduk mendapatkan kedua ruang outdoor pribadi dan dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari lingkungan.

Endless City Has a Hollow Core

dezeen.com

SURE Architecture membuat rancangan pencakar langit yang berbentuk vertikal. Setiap tingkat pencakar langit ini berbentuk seperti tabung rata, pembungkus menjadi semacam oval melihat ke langit. Endless City merupakan kota vertikal dengan komunitas vertikal, dengan taman yang luas, ruang komunal, dan ruang komersil.

Kota vertikal di Jakarta

weburbanist.com

Kota Jakarta memang perlu kedua perumahan kepadatan tinggi dan ruang hijau. Kini, MVRDV, pelaksana arsitektur dan perancangan kota berbasis di Rotterdam, telah merancang menara 400 meter, yang disebut Peruri 88. Perumahan ini mengintegrasikan perumahan, kantor , ritel, hotel mewah, parkir, masjid, sebuah imax teater, layaknya dan sebuah kota di dalam kota.


Kalo Suka Share Dong!

855 shares

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
68
Love
OMG OMG
56
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
79
Keren Nih
Ngakak Ngakak
113
Ngakak