Potret Jembatan Barelang, Ikon Kota Batam yang Menawan


http://bisniswisata.co.id

Menyebut kota Batam sepertinya tak lepas dari Jembatan Barelang. Jembatan yang bahkan menjadi logo resmi Visit Batam ini telah dicanangkan Pemerintah Kota Batam untuk menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke pulau yang berbentuk kalajengking tersebut.

Jembatan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menjadi jembatan kebanggaan masyarakat Kota Batam. Hal ini sebab konstruksi Jembatan Barelang yang merupakan salah satu mahakarya anak bangsa yang patut dilestarikan dan diapresiasikan. Jembatan ini diprakarsai langsung oleh Bapak Prof. Dr. Ing. B.J.Habibie pada tahun 1992,  saat masih menjadi pejabat pada era Orde Baru sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

beritasatu.com

Melalui ide briliannya, beliau merancang sebuah maha karya berupa bangunan jembatan yang dirancang dengan konsep arsitektur modern. Jembatan ini pasalnya mengadopsi bangunan jembatan legendaris Golden Gate yang terdapat di wilayah San Fransisco, Amerika Serikat.

Nama Jembatan Barelang diambil dari nama beberapa pulau yang terdapat di Kepulauan Riau yaitu Batam, Rempang dan Galang. Tak cukup sampai disitu, BJ. Habibie juga memberikan fasilitas kepada ketiga pulau tersebut untuk ditetapkan sebagai kawasan perindustrian di Kepulauan Riau.

Jembatan panjang ini memang dibuat untuk memberikan kemudahan akses antar pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau lantaran letaknya yang menghubungkan beberapa pulau disekitarnya seperti Pulau Batam, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Setoko, Pulau Galang dan Galang Baru. Selain itu, jembatan ini pun menjadi jembatan pertama yang menghubung ketujuh pulau tersebut.

pixoto.com

Rancangan berupa cabel stayed yang panjangnya mencapai 350 meter ini terbuat dari bahan-bahan yang berbahan beton, serta mempunyai berat per-unitnya mencapai 150 ton. Yang menjadi keunikan pembuatan jembatan ini adalah hasil cetakannya yang dibuat oleh para ahli konstruksi ketika di lokasi. Proyek pembangunan jembatan ini menelan dana sekitar 450 miliar.

panoramio.com

Ikon Batam ini mempunyai panjang 2.264 meter serta membutuhkan waktu 20 menit untuk menempuh panjang jembatan ini. Terdapat 6 rangkaian pada jembatan tersebut, dimana setiap masing-masing rangkaiannya mengambil nama dari 6 Raja yang pernah menguasai Melayu – Riau dari abad 15 M hingga 18 M.

Ke enam rangkaian jembatan tersebut adalah Jembatan Tengku Fisabilillah yang merupakan Jembatan yang paling ramai dikunjungi baik dari Warga Batam sendiri maupun dari Wisatawan. Selain itu da Jembatan Nara Singa, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecik.

esont.wordpress.com

Di pagi hari dan menjelang senja, banyak para wisatawan yang berkunjung ke jembatan ini sekedar untuk melepas penat dengan menghirup udara segar sambil menikmati panorama alam yang terbentang luas di sekitar jembatan tersebut. Terlebih lagi adanya hamparan laut tanpa ujung yang menjadi panorama unik nan menawan.

1001wisata.com

Bagi pengunjung yang hobi menelusuri alam dengan menggunakan perahu, di Pelabuhan Rakyat disediakan fasilitas sewa perahu untuk sekedar berkeliling bahkan bisa juga digunakan untuk berkunjung Pulau Akar yang letaknya cukup dekat dengan Jembatan Barelang. Tak hanya itu saja, terdapat gazebo dan bangku beton yang dapat dimanfaatkan para wisatawan menikmati keindahan Barelang.

Sebagian besar pengunjung memanfaatkan kunjungan tersebut untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan Barelang. Apalagi lokasi tempat wisata tersebut lebih tinggi dari jembatan, sehingga Jembatan Barelang terlihat lebih jelas dengan tampilan sisi yang lumayan lengkap.

Di malam hari (webwisata.com)

Nah, JBers, saat ke Kota Batam wajib rasanya mengunjungi Jembatan Balerang yang menawan ini.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak