Diciptakan Robot Cantik yang Super Mirip dengan Manusia


Teknologi pembuatan robot semakin hari makin canggih. Tiongkok baru saja membuat robot yang sangat mirip dengan manusia. Robot wanita yang diklaim memiliki wajah tercantik yang pernah dibuat itu bernama Jia Jia.

Jia Jia bersama sang pembuat Chen Xiaoping (Smeaker)
Jia Jia bersama sang pembuat Chen Xiaoping (Smeaker)

Dilansir dari Smeaker, Selasa (19/4/2016), Jia Jia sendiri adalah robot berwujud perempuan cantik ciptaan Chen Xiaopin, yang merupakan ketua tim peneliti pembuat robot tersebut. Jia Jia merupakan robot kedua yang datang dari Tiongkok setelah sebelumnya ada robot Mark 1 yang penampilannya mirip aktris Scarlett Johansson. Robot mirip Scarlett itu diperkenalkan di Hong Kong pada awal bulan April lalu.

Jia Jia tampil dengan rambut panjangnya yang semakin membuat ia tampak sangat feminim. Dengan begitu, siapapun yang bertemu dengannya untuk pertama kali pasti akan mengira jika Jia Jia adalah seorang manusia dan bukan robot.

Jia Jia bersama sang pembuat Chen Xiaoping (Smeaker)
Jia Jia bersama sang pembuat Chen Xiaoping (Smeaker)

Kemampuan dari robot cantik ini antara lain bisa berbicara dalam bahasa Tiongkok. Mata, kepala dan bibirnya mampu bergerak secara natural, bahkan dia dapat berinteraksi dan menjawab beberapa pertanyaan dengan lancar. Jia Jia diprogram untuk memanggil penciptanya dengan sebutan Tuanku.

Robot Jia Jia (Mirror)
Robot Jia Jia (Mirror)

Jia Jia ini dibuat oleh Chen Xiaopin bersama timnya di University of Science and Technology China. Saat diperkenalkan, Chen menyapa Jia Jia dengan kata halo. “Ya tuanku, apa yang bisa kulakukan untukmu?” jawab Jia Jia spontan.

Kosakata Jia Jia lainnya cukup banyak. “Jangan berdiri terlalu dekat denganku saat mengambil foto, itu akan membuat wajahku terlihat gemuk,” katanya saat akan dijepret kamera.

Robot Jia Jia (The Sun)
Robot Jia Jia (The Sun)

Dibutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan proyek robot ini. Dan di masa mendatang, kemampuannya diharapkan semakin canggih. “Kami berharap mengembangkan robot ini dengan kemampuan belajar secara mendalam. Kami akan menambahkan teknologi pengenal ekspresi wajah sehingga bisa membuat dia berinteraksi lebih baik,” kata Xiaoping.

Ini bukan pertama kalinya robot berparas cantik diciptakan. Beberapa tahun lalu, ilmuwan di Jepang pernah membuat robot bernama HRP-4C. Dengan tinggi sekitar 158 cm, fisik HRP-4C mirip dengan perawakan wanita Jepang pada umumnya. Ia bisa lenggak lenggok di catwalk layaknya model.

Kamu bisa lihat video demonstrasi dari Jia Jia berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak