Douglas Engelbart, Sang Penemu Mouse Komputer


Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan benda yang dinamakan mouse. Tanpa adanya mouse, kamu bakal kesulitan mengoperasikan komputer. Kita sepertinya harus berterima kasih pada penemu mouse komputer ini. Siapa dia? Dia bernama Douglas Engelbart. Berikut sejarahnya seperti sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

Douglas Engelbart (Koin)
Douglas Engelbart (Koin)

Douglas Engelbart pertama kali memperkenalkan mouse komputer pada tahun 1963, namun banyak juga yang mengatakan bahwa mouse sudah ditemukan ketika tahun 1957. Douglas merupakan seorang peneliti yang berasal dari Stanford Research institute. Lantas mengapa dinamakan ‘mouse’ komputer? Hal itu dikarenakan ketika pertama kali menemukan mouse komputer, kabelnya sangat mirip dengan buntut atau ekor tikus yang panjang dan juga kecil, selain itu juga bentuknya juga menyerupai hewan pengerat tikus.

Pada awalnya, laboratorium khusus bernama Augmentation Research Center (ARC) didirikan oleh Douglas Engelbart di tempat penelitiannya Stanford Research institute. Ide mengenai mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap sebagai ‘bug’ sehingga Douglas berpikir bagaimana ‘bug’ tersebut bisa dimanfaatkan.

Eksperimen terus dilakukan oleh Douglas dengan melakukan berbagai macam uji coba dengan menggunakan benda-benda yang awalnya berbahan dasar kayu dan hanya terdapat satu tombol namun belum sempurna. Kemudian di model selanjutnya, benda hasil eksperimennya sudah dilengkapi dengan tiga tombol, dimana besi sebagai bahan dasarnya dan ada roda penggerak di bagian bawahnya dengan bahan alumunium.

Akhirnya mouse komputer temuan Doglas Engelbart berhasil diciptakan, namun bentuknya masih mirip kotak, dan kabel panjang masih terhubung di belakang kotak tersebut. Karena menyulitkan, maka kabelnya pun dipindah ke bagian depan. Ini merupakan model mouse komputer yang populer hingga kini. Perlu diketahui penamaan ‘mouse’ bukanlah nama pemberian Douglas sendiri, melainkan pemberian dari para peneliti-peneliti di tempat Douglas bekerja.

Douglas Engelbart (Trustedreviews)
Douglas Engelbart (Trustedreviews)

Paten pun kemudian diajukan oleh Douglas atas benda temuannya ini pada tahun 1967, sekaligus ia mendemonstrasikan benda temuannya ini kepada publik dan memberikan nama benda temuannya ini dengan nama X-Y Poosition Indicator. Benda hasil temuannya ini kemudian berhail menarik orang-orang yang biasa disebut â??the mother of all demosâ? dari Silicon valley. Kemudian pada akhirnya Xerox Palo Alto Research Center berhasil menyempurnakan mouse komputer temuan Douglas Engelbart yang kemudian penggunaanya secara komersil diubah oleh Apple dan juga Microsoft. Atas jasa Douglas Engelbart dalam dunia komputer, ia dianugerahi penghargaan The National Medal of Technology yang diberikan oleh Presiden Bill Clinton.

Douglas Engelbart akhirnya meninggal dunia pada usia ke-88 tahun tanggal 22 Juli 2013 lalu. Teknologi mouse dari masa ke masa terus berkembang pesat sampai saat ini, dimana mouse komputer modern muncul dengan teknologi gelombang wireless (tanpa kabel), baik itu menggunakan infra merah maupun bluetooth. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak