Mahasiswa UI Kembangkan Drone untuk Bawah Laut


Gabungan mahasiswa jurusan Teknik Perkapalan dan Teknik Komputer, Universitas Indonesia (UI) menciptakan kendaraan bawah laut tanpa awak. Drone bawah laut itu bisa berfungsi menjaga kelestarian kenakeragaman hayati di dalam laut.

Drone bawah laut  yang diberi nama Makara 06 ini tidak seperti drone biasa yang diterbangkan di udara. Drone ini bisa bertahan di dalam air dan khusus untuk beroperasi di bawah laut saja.

â??Latar belakang kami melakukan penelitian di bidang unmanned system pada kendaraan di bawah laut adalah meningkatkan penggunaan teknologi untuk aktivitas bawah air, seperti diving, observasi bawah laut, pengecekan pipa di laut, keamanan laut, dan lain sebagainya,â? ujar salah satu mahasiswa yang meneliti, Zulfah Zikrina dari jurusan Teknik Perkapalan UI, seperti dikutip dari Vivacoid, Kamis (21/4/2016).

Makara 06 (Detik)
Makara 06 (Detik)

Zulfah menambahkan, fungsi lainnya adalah untuk bencana, seperti pencarian korban dan puing-puing pesawat yang jatuh di laut. â??Seperti bencana laut (pencarian korban) MH730, kita kurang teknologi. Waktu itu kita pinjam punya Singapura,â? kata Zulfah.

Teknologi untuk menemukan puing-puing pesawat, dijelaskan rekan Zulfiah, Hitomi Hadinuryana, mereka menyematkan sistem sensor identifikasi bentuk sehingga kamera yang ada pada drone bisa membaca objek dan mencocokkannya dengan analisa yang tepat.

â??Untuk sekarang baru dua (tanda untuk sensor). Ke depannya akan kita tambah bentuk-bentuk lainnya,â? tutur Hitomi.

Hitomi mengatakan, desain teknologi yang mereka buat menggabungkan konsep dari dua buah kendaraan bawah air yakni Autonomus Underwater Vehicle (AUV) dan Remotely Operated Vehicle (ROV).

Drone tersebut dikemudikan menggunakan remote control dengan navigasi menggunakan GPS. Hitomi menambahkan, drone diperkirakan bisa berfungsi sampai kedalaman 100 meter. â??Untuk pembuatan protipe dana yang dibutuhkan Rp15 sampai Rp20 juta,â? ujar dia.

Hitomi juga menambahkan kapal selam yang juga berfungsi sebagai robot ini merupakan pengembangan dari kendaraan permukaan yang sudah dikembangkan senior-seniornya sebelumnya.

“Ini Makara 06, sebelumnya sudah ada Makara 01 dan seterusnya. Ini yang pertama kalinya kita buat khusus penyelaman di bawah air, Makara sebelumnya hanya untuk berjalan di atas permukaan. Karena misinya untuk penelusuran bawah air untuk pengambilan data pemetaan laut dengan sonar dan sebagainya,” katanya dikutip dari Detikcom.

Semoga semakin banyak pemuda Indonesia yang berkarya dan bisa mengharumkan nama bangsa. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak