Teknologi Komunikasi Hologram Ala Star Wars Bakal Jadi Kenyataan


Bagi kamu yang pernah menonton film Star Wars mungkin sudah tak asing dengan pesan 3D hologram yang dikirimkan melalui droid R2-D2 atau BB-8. Di sisi lain, mungkin tak sedikit pula yang merasa teknologi komunikasi tersebut hanya ada di film tersebut.

Kendati demikian, saat ini nyatanya salah satu perusahaan teknologi kenamaan, Microsoft, berhasil mengembangkan teknologi serupa. Dilansir dari Tech Radar, Selasa (26/4/2016), Microsoft telah memperkenalkan teknologi komunikasi baru yang diberi nama ‘Holoportation’.

Kendati tak utuh sama seperti di film Star Wars, teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui teknologi 3D hologram. Jadi, 2 orang dari tempat berbeda dapat berkomunikasi secara langsung dan seolah-olah berada di tempat yang sama.

Holoportation (Tech Radar)
Holoportation (Tech Radar)

Untuk bisa berkomunikasi menggunakan proyek yang dibesut oleh Microsoft Research Interactive 3D ini, pengguna harus menggunakan perangkat augmented reality HoloLens. Jadi, pengguna akan melihat lawan bicara dalam bentuk 3D hologram dari tampilan di HoloLens.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, Microsoft juga menyiapkan kelengkapan kamera yang memungkinkan pengguna melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan hologram orang lain secara real-time.

Tak sekadar berkomunikasi langsung, Holoportation juga memungkinkan penggunanya untuk merekam percakapan via hologram tadi untuk disaksikan di lain waktu. Bahkan, pengguna juga dapat mengubah ukuran hologram yang ditampilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Holoportation (Tech Radar)
Holoportation (Tech Radar)

Sekadar informasi, HoloLens adalah perangkat augmented reality besutan Microsoft yang sudah dijual bebas sejak 20 Maret lalu. Namun, untuk saat ini Microsoft baru memperkenalkan HoloLens yang ditujukan untuk kebutuhan developer aplikasi. Pada perangkat perdana itu, Microsoft membekali HoloLens dengan beberapa program, seperti Holo Studio, Skype, dan Holo Tour.

Kamu bisa lihat penggunaan HoloLens ini lewat video berikut.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak