Bukan Captain America! Dalang Cilik Ini Idolakan Pandawa dan Ramasinta


Seorang anak kecil bila ditanya siapa idolanya, kebanyakan mungkin menjawab tokoh-tokoh superhero atau tokoh kartun favoritnya. Namun ada satu bocah yang tidak mengidolakan tokoh superhero seperti Captain America atau Superman, melainkan dia lebih mengidolakan tokoh wayang seperti Pandawa atau Ramasinta. Dia bernama Harlindar Mukti Prakosa.

Harlindar Mukti Prakosa (Kompas)
Harlindar Mukti Prakosa (Kompas)

Harlindar, atau Harli, rupanya bukan hanya mengidolakan tokoh wayang. Bocah berusia 8 tahun yang tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten ini juga merupakan seorang dalang yang piawai memainkan wayang kulit. Sebagai seorang dalang wayang, tentunya dia sudah cukup mengetahui seluk beluk dunia wayang, baik dari tokoh maupun ceritanya

Tangan kecilnya kerap kali lincah dan handal memainkan wayang yang ukurannya hampir setengah tubuhnya itu demi menghibur masyarakat. Mulutnya ikut komat-kamit mendendang Suluk Patet Nem (semacam puisi atau sajak dalam pewayangan) dengan suaranya yang melingking khas anak-anak.

Dilansir dari Kompascom, Rabu (27/4/2016), menurut pengakuan ayahnya, Darko, Harli sudah mengagumi wayang sejak balita, tepatnya saat umurnya masih 4,5 tahun. Awal mula dirinya mencintai dunia wayang saat ia tidak sengaja menonton rekaman wayang kulit milik pamannya. Ayah Harli juga mengungkapkan bahwa wayang adalah dunia masa depan Harli. Selain itu, Harli memiliki cita-cita untuk mendalang di depan khalayak dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Dalang cilik (Kompas)
Dalang cilik (Kompas)

Arus modernisasi yang kencang serta pengaruh budaya luar yang semakin kuat terkadang membuat budaya tradisional jadi kurang diminati oleh anak muda dan anak-anak. Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang berani melawan arus untuk tetap berupaya mewariskan budaya tradisional kepada generasi selanjutnya, seperti yang dilakukan Harli ini. Semoga nantinya akan semakin banyak anak yang berusaha melestarikan budaya bangsa layaknya Harli. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

848 shares

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
114
Love
OMG OMG
102
OMG
Yaelah Yaelah
22
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
11
Keren Nih
Ngakak Ngakak
45
Ngakak