Diciptakan Drone Balap yang Dikendalikan Lewat Pikiran


Demam drone memang sudah menjalar ke berbagai negara selama beberapa tahun terakhir, bahkan Dubai sampai menyelenggarakan kompetisi balap drone pertama kelas dunia yang akhirnya dimenangkan oleh seorang remaja asal Inggris. Namun apa yang dilakukan oleh para mahasiswa di Universitas Florida ini lebih keren lagi, karena lomba balap drone ini dikendalikan lewat pikiran pengguna, mirip seperti gabungan antara telepati dan telekinesis yang ada di film-film fiksi ilmiah.

Perlombaan balap drone yang dikendalikan pikiran seperti yang dilakukan para mahasiswa Universitas Florida itu diklaim merupakan lomba drone brain-computer interface (BCI) pertama di dunia.

â??Kami sedang menciptakan tren baru di masyarakat, ke depannya nanti akan ada kompetisi balapan drone seperti ini. Saat ini kami memulainya dengan hal yang simpel, siapa yang tau nanti ke depannya akan seperti apa,â? kata Juan Gilbert, seorang professor ilmu komputer di Universitas Florida.

Teknologi BCI awalnya dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan pasien lumpuh untuk bisa mengontrol perangkat komputer. Pada perkembangannya, BCI digunakan untuk banyak keperluan, mulai dari menggerakkan kursi roda, robot, tak terkecuali drone.

Dilansir dari Tech Crunch, Rabu (27/4/2016), ini pertama kalinya software BCI digunakan untuk mengontrol sekelompok drone DJI Phantom. Ada 16 pilot yang mengerahkan kemampuan gelombang otak mereka menerbangkan drone di arena pertandingan.

Cara kerjanya, pilot drone menggunakan headset electroencephalogram (EFG) yang akan mengkalibrasi otak setiap pemakainya. Contohnya, aktivitas syarat otak akan direkam ketika si pengguna berpikir untuk mendorong sebuah benda. Aktivitas ini kemudian diterjemahkan sebagai perintah untuk pengendali drone. Jadi aktivitas syaraf otak lainnya akan menentukan arah dan gerakan drone yang dikendalikan.

Teknologi drone yang dikontrol pikiran mungkin masih sangat dini. Namun seiring perkembangannya ke depan, integrasi BCI ke dalam kehidupan sehari-hari, termasuk drone sangat mungkin terjadi.

Drone sendiri belakangan telah merambah liga semi-profesional. Paham dengan peluang tersebut, saluran media olahraga ternama ESPN menjalin kerjasama dengan International Drone Racing Association (IDRA).

Bentuk kerjasamanya tentu saja untuk menyiarkan pertandingan drone yang diadakan oleh asosiasi. Jadi mulai pertengahan tahun 2016, kamu sudah bisa menyaksikan pertandingan drone kelas dunia melalui tayangan yang disiarkan oleh ESPN.

Berikut ini video demonstrasinya.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak