Cuma di Kota Ini Kamu Bisa Dapat Duit dari Tangkap Maling


Menangkap maling bisa dibilang susah-susah gampang, namun tetap saja menangkap maling adalah tugas dari semua kalangan, agar bisa tercipta suasana yang aman. Agar lebih efektif, salah satu kota di Yogyakarta ini punya metode unik, yaitu dengan menyediakan hadiah uang bagi siapa saja yang bisa menangkap maling.

Aturan ini ditetapkan di daerah Umbulharjo, Yogyakarta. Warga RT 32, RW 8 Warungboto ini sepakat untuk  memberikan sejumlah uang kepada warga bila berhasil menangkap maling. Imbalannya pun lumayan, jika menangkap maling di siang hari warga akan diberikan Rp 300 ribu, sedangkan jika menangkap di malam hari akan diberikan uang Rp 500 ribu. Ketua RT 32, Sukardi Wardoyo, menjelaskan aturan itu sudah disepakati bersama warga.

Tangkap maling berhadiah (Kompas)
Tangkap maling berhadiah (Kompas)

Agar lebih memperkenalkan aturan, mereka bahkan membuat spanduk pengumuman di pos ronda sehingga warga bisa melihat. â??Kami sengaja membuat itu, karena di sini banyak anak kos yang jadi korban pencurian. Kasian kan kalau mereka barangnya hilang, biasanya laptop dan handphone,â?  kata Sukardi seperti dikutip dari Merdekacom, Kamis (28/4/2016).

Ulah para pencuri itu kerap membuat warga kesal, lantaran berkali-kali ada barang hilang, pencuri tidak bisa tertangkap. Bahkan ketika warga giat ronda malam, pencuri justru tak takut beraksi. â??Dengan pemberian imbalan mungkin warga akan lebih waspada. Jadi secara tidak langsung, maling akan berpikir dua kali kalau beraksi di kampung kami,â? tambahnya.

Tangkap maling berhadiah (Okezone)
Tangkap maling berhadiah (Okezone)

Namun tak hanya warga saja yang turut menjaga, para mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan menjaga keamanan. Tiap kos-kosan diwajibkan ikut ronda secara bergiliran. Sebab, selama ini memang lebih banyak kasus pencurian terjadi di kos-kosan.

Apakah kamu kebetulan tinggal di daerah ini dan butuh uang? Mungkin kamu bisa memulai untuk menjadi Hansip sementara, siapa tahu saja kamu beruntung bisa menangkap maling, dan kemudian mendapatkan uang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak