‘RoboCop’ Telah Hadir di Dunia Nyata


Robot polisi seperti yang kita lihat dalam film “RoboCop” ternyata tak hanya terjadi dalam film saja. Pasalnya, kini telah dibuat robot yang berfungsi untuk menjaga keamanan. Robot itu bernama AnBot.

AnBot (Ibtimes)
AnBot (Ibtimes)

AnBot ini dibuat oleh National Defense University (NDU) Tiongkok, dan bertugas untuk berpatroli di jalan raya dan melindungi masyarakat dari tindak kekerasan dan lainnya. Tentunya, wujud dari AnBot ini jauh berbeda dengan RoboCop yang kita lihat dalam film.

Dilansir dari Popular Science, Jumat (29/4/2016), AnBot hadir dengan tinggi 1,5 meter, dan bobot 78 Kg, dengan tampilan hasil kombinasi R2-D2 pada film “Star Wars” dan Daleks pada “Doctor Who”. Robot ini dilengkapi dengan baterai yang diklaim mampu bertahan selama 8 jam waktu pengoperasian, navigasi mandiri dan kemampuan analisa video.

AnBot (Yahoo)
AnBot (Yahoo)

AnBot juga diklaim mampu bergerak dengan kecepatan hingga 18 km per jam, sehingga dapat mengejar penjahat atau menanggapi situasi darurat. Kecanggihan lainnya, AnBot dapat mengisi dayanya sendiri tanpa bantuan manusia.

Selain itu, robot ini dilengkapi dengan alat pengendali kericuhan elektrik, yang diperkirakan akan berfungsi layaknya senjata taser. Masyarakat juga dapat menekan tombol yang terdapat di robot, untuk memanggil bantuan.

NDU memprogram Anbot untuk memanfaatkan sensor audio dan visual dalam mengenali dan merekam aktivitas ilegal, mengidentifikasi buronan, dan secara mandiri mengambil keputusan terkait lokasi patroli.

AnBot (Popular Science)
AnBot (Popular Science)

Sayangnya, meskipun telah diklaim sebagai robot keamanan cerdas pertama, AnBot tidak akan menggantikan fungsi polisi dalam waktu dekat, karena masih memiliki beberapa kekurangan. Polisi masih akan dibutuhkan dalam melakukan aktivitas keamanan seperti pengejaran terhadap penjahat yang melibatkan anak tangga.

Selain itu, AnBot juga memiliki keterbatasan seperti kecerdasan emosional dan sosial, menangkap tersangka, serta rentan terhadap serangan siber. Meskipun demikian, AnBot dinilai sebagai bentuk bantuan yang potensial di bidang keamanan.

Semoga saja nantinya akan dibuat lagi AnBot dengan versi yang lebih sempurna, yang lebih mendekati RoboCop dalam film. Dengan begini, maka bisa dipastikan angka kejahatan akan menurun drastis. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak