Inilah Uang Kertas Terbaik di Dunia


Uang sebagai alat tukar digunakan manusia sejak lama. Di dunia ada uang logam dan uang kertas. Taukah kamu uang kertas terbaik yang ada di dunia?

Adalah uang kertas Selandia Baru pecahan 5 dolar yang telah didaulat sebagai uang kertas terbaik 2015. Uang kertas ini telah mengalahkan 40 desain dari 20 negara. Gelar itu dinobatkan oleh International Bank Note Society (IBSC), sebuah organisai nirlaba yang berisi para kolektor uang di dunia.

Dalam keterangan resminya yang dikutip kompas.com dari The Guardian, Selasa (26/4/2016), IBSC mengatakan bahwa “pecahan 5 dolar Selandia Baru yang terbuat dari polimer adalah pemenang” dalam kontes desain uang terbaik.

Dalam penghargaan yang diberikan tiap tahun oleh Komunitas Uang Kertas Internasional ini, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi uang kertas yang ikut berlomba. Syaratnya adalah, uang tersebut harus pertama kali diterbitkan di tahun penghargaan. Selain itu uang itu pun harus sudah digunakan dalam keperluan sehari-hari oleh masyarakat di negaranya.

Uang-uang kertas ini dinilai dari sisi artistik, fitur keamanan yang inovatif, termasuk penggunaan warga, kontras dan keseimbangan. Pasalnya hampir 150 uang kertas dirilis tahun lalu, dengan lebih dari “tiga lusin” desain baru yang memenuhi syarat untuk dinominasikan sebagai uang kertas terbaik.

Uang kertas terbaik ini menampilkan wajah pendaki gunung Sir Edmund Hillary memandang Gunung Aoraki atau Gunung Cook di Pulau Selatan. Di sisi lainnya, ditampilkan gambar penguin mata kuning yang langka dan tumbuh-tumbuhan lokal Selandia Baru.

bagian depan (ra2d.com)
bagian belakang (polymernotes.com)

Tim penilai memuji paduan warna oranye dan coklat dan jendela polimernya yang cantik. Uang ini dicetak oleh Perusahaan Uang Kertas Kanada di Ottawa.

Selain uang 5 dolar Selandia Baru ini, di posisi kedua ditempati 5 poundsterling Skotlandia, 20 kronor Swedia, 100 Rubel Rusia dan 20.000 tenge Kazakhstan.

Beberapa negara telah memenangkan penghargaan ini yaitu Trinidan & Tobago (2014), Ugada (2010), Bermuda (2009), Samoa (2008), Skotlandia (2007, Komoro (2006), Kepulauan Faroe (2005) dan Kanada (2004).


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak