Kreasi Anak SMK Sukses Bikin Mobil Pantai


Lima siswa terbaik SMK Teladan Medan, sukses menciptakan satu unit mobil pantai yang mereka beri nama Teladan Auto Race Design.

Menurut salah seorang siswa, Aldris Alamsyah, Teladan Auto Race Design berbahan bakar bensin dan telah diuji coba dengan rute perjalanan SMK Teladan-Bandara Kualanamu.

Ilustrasi mobil pantai (Mobilwow)
Ilustrasi mobil pantai (Mobilwow)

“Saya bersama Ade Putra Sandi, Toni Laris, Benny Chandra dan Gilang Arya waktu itu berinisiatif membuat mobil pantai yang bisa digunakan saat waktu-waktu santai. Kecepatannya bisa mencapai 60 km/jam,” katanya ketika memamerkan mobil tersebut dalam Pagelaran Karya Inovatif dan Kreatif Bidang Perencanaan Kota & IT di Lapangan Merdeka, Medan, Sabtu, 30 April lalu, seperti dikutip dari Analisadailycom, Senin (2/5/2016).

Selain bisa menjelajahi pantai, mobil tersebut juga bisa digunakan untuk berkeliling kota dan mengawasi perkebunan. Karena keunggulannya itu, menurut Aldris, pihak pengelola Kebun Binatang Medan sudah memesan Teladan Auto Race Design sebanyak lima unit.

Perakit Teladan Auto Race Design lainnya, Ade Putra menjelaskan, untuk membuat rangka mobil tersebut, dibutuhkan dana sekitar Rp 13 juta. Sedang, total biaya keseluruhan mencapai Rp 20 hingga 25 juta. “Bahan utamanya besi galvanis. Untuk mesin, kita gunakan mesin sepeda motor yang memakai propeller shaft,” jelas Ade.

Kerangka mobil pantai (Fastnlow)
Kerangka mobil pantai (Fastnlow)

Dalam proses pembuatan Teladan Auto Race Design, kelima siswa ini sempat mengalami kebingungan dalam memasukkan mesin sepeda motor untuk digunakan pada mobil. Namun, masukan dari guru pengawas akhirnya membuat proses perakitan Teladan Auto Race Design dapat selesai dengan baik.

“Kita bangga bisa menciptakan mobil ini. Apalagi siswa SMK Teladan jumlahnya tidak terlalu banyak, namun tetap bisa berinovasi. Setiap pulang sekolah jam 1 siang, kami kerjakan pembuatan mobil ini sampai jam 12 malam,” kenang kedua siswa yang kini telah menjadi alumni tersebut. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak