Perkembangan Smartwatch dari Masa ke Masa


Meskipun jam tangan pintar alias smartwatch baru booming beberapa tahun ini, rupanya perkembangannya sudah dimulai dan dikenal sejak tahun 1982. Berikut adalah perkembangan smartwatch dari masa ke masa, seperti dilansir dari Smart-wears, Rabu (4/5/2016).

1. Pulsar NL C01 (1982)

Seiko UC-3000 (Techradar)
Seiko UC-3000 (Techradar)

Pulsar merupakan anak perusahaan Seiko, yang merupakan salah satu produsen jam terbesar dunia. Pulsar NL C01 merupakan produk smartwatch pertama dari Pulsar. Bila dibandingkan dengan sekarang, teknologi NL C01 ini jelas ketinggalan, karena hanya mampu menyimpan 24 digit informasi. Teknologi ini kemudian diperbarui pada produk UC-2000 (1984) dan UC-3000 (1985), yang dilengkapi dengan dock yang tersambung printer thermal dan slot memori.

2. Seiko RC-1000 (1984)

Seiko RC-1000 (Newdwf)
Seiko RC-1000 (Newdwf)

Seiko RC-1000 disinkronkan dengan menggunakan kabel, dan jam tangan ini kompatibel dengan berbagai PC termasuk Apple dan Commodore C64. Model lain, RC-4000 (dijuluki PC Datagraph) dirilis pada tahun 1985 dan beralih menggunakan chassis stainless setelah sebelumnya menggunakan bahan plastik. Smartwatch ini dikenal karena memiliki tiga baris jenis dot-matrix yang tidak biasa dan memiliki RAM sebesar 2KB.

3. Seiko Receptor (1990)

Seiko Receptor (Smart-wears)
Seiko Receptor (Smart-wears)

Jam tangan ini bisa dibilang invoatif, karena bisa berfungsi ganda sebagai penyeranta alias pager. Jam ini juga menjadi jam tangan pertama yang mampu terkoneksi dengan dunia yang lebih luas.

4. Seiko Ruputer (1998)

Seiko Ruputer (YouTube)
Seiko Ruputer (YouTube)

Seiko Ruputer (yang kemudian dirilis di AS dengan nama OnHand PC) lebih berfungsi sebagai PC dibandingkan jam tangan, karena memiliki prosesor 16-bit dan RAM 128KB. Layar yang dibawanya pun masih berupa LCD 102×64 mono, dan tidak touchscreen, tapi kamu bisa menyimpan aplikasi untuk Ruputer di root C.

5. Microsoft SPOT (2004)

Microsoft SPOT (Smartwatchnews)
Microsoft SPOT (Smartwatchnews)

Microsoft ternyata juga ikut meramaikan pasar smartwatch dengan merilis jam tangan pintar keluarannya, yaitu Smart Personal Object Technology, yang disingkat SPOT. Jam tangan ini menggunakan gelombang FM untuk mengupdate data pelanggan di kota-kota besar di Amerika Serikat. Namun pelayanan untuk jam tangan ini sudah dihentikan pada tahun 2012.

6. Samsung S9110 Watch Phone (2009)

Samsung S9110 Watch Phone (Anandtech)
Samsung S9110 Watch Phone (Anandtech)

Kesalahan Microsoft adalah menggunakan gelombang FM sebagai teknologi nirkabelnya. Padahal, teknologi yang tepat untuk nirkabel adalah Bluetooth. Hal inilah yang disadari oleh Samsung dengan merilis S9110 Watch Phone. Teknologi ini jelas lebih maju dibandingkan jam tangan keluaran sebelumnya, karena dilengkapi dengan baterai tahan lama, layar sentuh, daya rendah, dan juga mampu terhubung dengan smartphone.

7. Pebble (2012)

Pebble (Smart-wears)
Pebble (Smart-wears)

Akhir tahun 2012, ada 4 smartwatch yang cukup digemari, yaitu Nike+ Fuelbands, Jawbone Ups, Pebble dan Cuckoo. Kegunaan dari jam tangan ini kebanyakan berkaitan dengan kesehatan tubuh kita, karena dilengkapi dengan GPS dan juga monitor kegiatan olahraga sehari-hari. Namun produk ini kurang laku karena pada saat itu masyarakat masih belum begitu tertarik dengan produk smartwatch.

8. Samsung Galaxy Gear (2013)

Samsung Galaxy Gear (Cnet)
Samsung Galaxy Gear (Cnet)

Samsung Galaxy Gear adalah jam tangan pintar Android yang diproduksi oleh Samsung Electronics. Namun, perangkat ini tidak tersambung ke Google Play, melainkan ke app store milik Samsung sendiri. Perangkat ini akan terhubung ke semua produk Samsung yang menggunakan nama Galaxy.

9. Apple Watch (2014)

Apple iWatch (Ifixit)
Apple Watch (Ifixit)

Dengan ukuran layar kristal safir yang hanya 1,5 dan 1,65 inci, Apple memaksimalkan kinerja Apple Watch dengan menghadirkan tombol Digital Crown. Dengan tombol Digital Crown, pengguna tidak perlu khawatir akan mengacaukan tampilan layar karena jari yang terlalu besar. Pengguna hanya perlu memutar tombol untuk mencari aplikasi, fitur atau memperbesar tampilan. Apple Watch juga dilengkapi dengan fitur Glance yang fungsinya mirip Google Now. Apple juga membenamkan sistem getar untuk kode morse khusus sebagai penunjuk arah pada Apple Watch. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak