Rajin Belanja Online? Wajib Tahu Sejarah Online Shop ini


Geliat belanja memanfaatkan internet, kian menjamur. Semua produk yang kamu butuhkan dan inginkan, bisa kamu temukan secara online. Kemudahan belanja secara online semakin membuat cara ini digemari masyarakat di zaman yang serba instan ini. Lewat belanja online, kamu tak perlu cape keliling toko, tinggal pilih dan klik, transaksi pun terbilang cukup mudah.

Kamu para penggemar transaksi online, apakah sudah tahu bagaimana sejarah munculnya olshop? Yuk simak sejarah online shop seperti dikutip 1stwebdesigner.com yang konon belanja online ini telah dibuat dalam lebih dari 50 tahun terakhir. Bagaimana kita sampai ke titik ini dalam waktu, yang hampir semuanya dapat dibeli secara online.

Era 60an

slideshare

Kemunculan EDI (Electronic Data Interchange) memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi elektronik. Meskipun konsep eCommerce tidak menyentuh pengguna internet setiap hari sampai era tahun 1990-an, namun beberapa perusahaan besar telah mulai menggunakan EDI sedini 1960. Industri kereta api menjadi perusahaan pertama yang memahami pentingnya EDI, hingga diikuti oleh perusahaan transportasi lain.

Era 70an

Michael Aldrich adalah pahlawan dalam dunia eCommerce. Bermula tahun 1979 ketika Aldrich berada di supermarket dengan istrinya, muncullah sebuah ide yang akan menjadi merupakan permulaan untuk eCommerce. Aldrich menghubungkan TV domestik dan komputer dengan saluran telepon agar dapat menjual bahan makanan secara online melalui model ini.

Era 80an

Minitel dari Prancis dianggap sebagai pelopor pre-WWW layanan online. Selama tahun tersebut, para pengguna Minitel harus melakukan pembelian secara online, periksa direktori telepon, chatting dan hal lainnya menggunakan internet.

Di era ini pula, B2C (Business-to-Consumer), bisnis online shop pertama di dunia, diluncurkan pertama kali oleh Tesco. Sistem belanja online mulai konsep Belanja Online Basket yang kemudian berganti nama Belanja Online Trolley. Di sinilah permulaan eCommerce berkembang seperti sekarang.

1990an

Tahun 1991, NSF (National Science Foundation) membuka jalan bagi penggunaan komersial NET. Hal ini dianggap menjadi dorongan besar bagi industri eCommerce dan pertumbuhan di masa depan. Statistik menyatakan bahwa lalu lintas di jaringan NSF melonjak lebih dari 1 triliun byte per bulan, setelah dibuka untuk penggunaan komersial.

Di akhir era ini, PayPal muncul pada tahun 1998. Sistem PayPal saat ini yang kita lihat sebenarnya adalah penggabungan X.COM, perusahaan jasa keuangan dari tahun 2000-an, dan Cofinity. Di tahun ini pulalah Google memasuki dunia eCommerce dan Yahoo! meluncurkan Yahoo! Online Shop.

Era 2000 hingga kini

Apa yang diikuti setelah Google dan Yahoo! adalah gebrakan. Baik itu .com atau Web 2.0, Internet telah mengalami pertumbuhan eksponensial (dengan perangkap sendiri) yang telah membuat perubahan yang amat besar. Seperti yang kita tahu, internet terus tumbuh dengan perusahaan eCommerce mayor dan minor meluncurkan toko dengan keunikan dan cara mereka sendiri. Hari ini, kita benar-benar dapat membeli apa pun melalui internet!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak