Kini Peran Dokter Bakal Digantikan oleh Robot Canggih Ini


Tak lama lagi sepertinya peran dokter bedah akan tergantikan oleh robot. Robot ini bernama Smart Tissue Autonomous Robot (STAR).

Para ilmuwan untuk pertama kalinya berhasil menunjukkan kehebatan Smart Tissue Autonomous Robot (STAR), sebuah robot otonom terkendali yang mampu melakukan operasi jaringan lunak. Dengan teknologi ini, maka operasi kanker dan jantung bisa segera dilakukan secara keseluruhan dengan menggunakan robot.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (6/5/2016), STAR terbukti unggul untuk semua pendekatan dalam penjahitan dan berhasil menghubungkan kembali jaringan yang rusak. Keunggulannya adalah bisa mengurangi risiko kesalahan, menurut penelitian baru.

Meskipun sudah cukup lama robot digunakan di rumah sakit beberapa dekade, tetapi mereka baru bisa bekerja bersama dengan ahli bedah, belum bisa bekerja secara mandiri. Namun berbeda dengan STAR ini, karena robot ini diklaim mampu mengalahkan ahli bedah dalam operasi usus terbuka pada babi.

Robot STAR (Daily Mail)
Robot STAR (Daily Mail)

Peneliti merancang dan memrogram STAR untuk melakukan tugas-tugas operasi yang kompleks. Dilengkapi dengan lengan robot dan alat-alat bedah, robot ini merupakan gabungan antara teknologi pencitraan cerdas dan spidol fluorescent untuk menavigasi dan beradaptasi dengan kompleksitas jaringan lunak.

Dengan mengambil intervensi manusia dari persamaannya, robot ini berpotensi mengurangi komplikasi dan meningkatkan keamanan dan kemanjuran operasi.

“Mungkin bagian yang paling mengejutkan adalah ketika Anda membandingkannya antara hasil praktik dokter bedah standar dengan hasil operasi mesin ini yang jauh lebih baik,â? ungkap Dr Peter Kim, dari Pusat Medis Anak Nasional, Washington DC, AS.

“Barangkali dokter memberikan 19 jahitan, akan tetapi robot ini mampu melakukan 20 jahitan secara baik sehingga hasilnya pun lebih baik pula. Mesin ini secara konsisten melakukan 20 jahitan secara sempurna,” tambah Dr Kim mengenai kecanggihan robot ini.

Menurut sebuah studi, kesalahan medis adalah penyebab utama ketiga kematian di Amerika Serikat setelah penyakit jantung dan kanker. Lebih dari 250 ribu kematian setiap tahun disebabkan oleh kesalahan medis. Angka itu melebihi angka kematian akibat penyakit pernapasan, yang membunuh hampir 150 ribu orang tiap tahunnya.

Semoga saja nantinya di seluruh dunia akan tersedia robot STAR ini, sehingga resiko kematian akibat penyakit organ dalam bisa diminimalisir. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak