Ini Video Sejarah Indonesia dari Zaman Kerajaan Sriwijaya dalam 6 Menit


Bagi kamu yang ingin mempelajari mengenai sejarah Indonesia dari zaman Kerajaan Sriwijaya, maka kamu harus tonton video yang diunggah oleh akun YouTube bernama Katolok Indonesia TV ini.

Melalui tayangan ini terlihat jelas bagaimana penulis Syarifuddin dan ilustrator sekaligus narator Pandu Wijaya mampu menggambarkan rentetan sejarah terbentuknya Indonesia mulai zaman Kerajaan Sriwijaya, lalu tersohornya Maha Patih Gadjah Mada dengan konsepnya menyatukan Nusantara.

Kemudian dalam video ini juga digambarkan datangnya Portugis, kemudian Laksamana Cheng Ho, Belanda hingga Jepang. Tak luput pula bagaimana peran Muhammadiyah, Boedi Oetomo juga beberapa organisasi lalinya untuk Indonesia hingga puncaknya setelah Jepang memberi kesempatan Indonesia untuk merdeka dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), hingga akhirnya terjadi Proklamasi 17 Agustus 1945.

Video ini bisa dibilang cukup brilian, karena ilustrator dan narator mampu menggambarkan dengan apik. Nonton video ini juga tidak bosan karena ilustrasi tergambar dengan bagus, narasi juga singkat dan lugas. Pelajar yang menonton akan gampang mengingat bagaimana Pangeran Diponegoro dicurangi Belanda lalu diasingkan ke Manado dipindah ke Makassar hingga wafatnya. Masih banyak kisah-kisah menarik lainnya yang hanya dikemas dalam waktu 6 menit.

Kamu bisa tonton videonya berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak