5 Mahasiswa Indonesia dengan Prestasi Membanggakan di Inggris


Prestasi anak bangsa rupanya telah banyak ditorehkan, hebatnya lagi prestasi ini telah mencapai berbagai negara, terutama negara-negara Eropa. Salah satunya adalah di negara Inggris. Di sana, ada beberapa mahasiswa dan mahasiswi asal Indonesia yang telah meraih prestasi membanggakan di bidang sains. Siapa saja mereka? Berikut kelima mahasiswanya, seperti dilansir dari BBC, Rabu (18/5/2016).

1. Ahmad Ataka

Ahmad Ataka (BBC)
Ahmad Ataka (BBC)

Ataka, 23, sedang menjalani studi doktoral di bidang robotik, King’s College London. Ataka menjadi satu-satunya mahasiswa Indonesia yang terlibat dalam proyek robot medis, STIFF-FLOP, yang digawangi ilmuwan dari berbagai universitas di Eropa. Pemuda asal Banyuwangi ini berperan mendesain algoritma agar robot tersebut bisa bergerak secara fleksibel.

2. Aisha Prastowo

Aisha Prastowo (BBC)
Aisha Prastowo (BBC)

Aisha adalah mahasiswi Indonesia yang kini sedang menjalani program doktoral ilmu teknik di Universitas Oxford. Dia meneliti tentang teknologi mikrofluida, yaitu teknologi untuk mentransfer dan memproses fluida (umumnya cairan) dengan volume yang sangat kecil. “Teknologi ini sebenarnya sudah berkembang dan diaplikasikan ke banyak penelitian biologi, kimia, bioteknologi namun pengoperasiannya dan alat yang digunakan sangat rumit,” kata Aisha.

3. Vani Virdyawan

Vani Virdyawan (BBC)
Vani Virdyawan (BBC)

Vani sedang mendalami ilmu robot mekatronik medis yang gencar mengembangkan alat-alat kedokteran di masa depan. Dosen teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) ini sedang menjalani program doktoral yang kini sedang terlibat proyek jarum fleksibel untuk diagnosis dan pengobatan kanker di Imperial College London.

4. Fadhillah Muslim

Fadhillah Muslim (BBC)
Fadhillah Muslim (BBC)

Fadhillah bercita-cita mendirikan pusat penelitian beton di Indonesia dan kini sedang menjalani studi doktoral tentang struktur beton di Imperial College London. “Parameter dalam eksperimen yang saya lakukan, tentunya telah saya sesuaikan dengan beton yang bisa diaplikasikan di Indonesia sebagai negara tropis, sehingga hasil penelitian saya dapat diaplikasikan di Indonesia,” ujar Fadhillah. Fadhillah yang menamatkan program sarjananya di Universitas Indonesia ini juga tertarik dengan beton ramah lingkungan.

5. Muhammad Firmansyah Kasim

Muhammad Firmansyah Kasim (BBC)
Muhammad Firmansyah Kasim (BBC)

Firman adalah mahasiswa program doktoral di Universitas Oxford yang mempelajari teori Fisika. Firman berhasil menjadi salah satu mahasiswa Indonesia pertama yang bergabung dalam penelitian nuklir di organisasi nuklir Eropa, CERN dan sempat melakukan presentasi di depan para profesor Eropa. Lulusan teknik elektro ITB ini fokus pada penelitian tentang laser plasma dan fisika partikel. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak