Terobosan Baru, Teknologi Layar Sentuh di Kulit Lengan


Sebuah tim ilmuwan telah mengembangkan sebuah teknologi terbaru yang dapat membuat kulit di lengan dan tangan kamu bertindak seperti touchpad untuk smartwatch. Teknologi yang dikenal sebagai Skintrack ini dikembangkan oleh Futures Interface Group, sebuah laboratorium penelitian di Carnegie Mellon University.

Dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (19/5/2016), teknologi ini mengharuskan pengguna untuk memakai cincin dan sensor yang melekat pada tali smartwatch. Sensor memiliki empat elektroda, yang digunakan untuk menerima sinyal listrik frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh cincin ketika jari menyentuh kulit, untuk menghitung posisi yang tepat dari jari.

Skintrack (Digital Guide)
Skintrack (Digital Guide)

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menggesek dan menekan lengannya untuk berinteraksi dengan smartwatch, dan bahkan memungkinkan pengguna untuk melukis gambar di lengan. Teknologi ini juga melampaui keterbatasan layar smartphone yang kecil dengan memungkinkan pengguna untuk menyeret aplikasi keluar smartwatch dan menempatkannya pada seluruh lengan.

Skintrack memahami hot key commands, yang memungkinkan pengguna membungkam panggilan masuk dengan hanya menulis ‘S’ di lengan.

Saat ini, tim sedang bekerja mencari cara memasok daya konstan ke ring, untuk menjaga sinyal tetap stabil ketika tubuh dalam gerakan konstan. Jika berhasil, maka tim akan berencana untuk mengkomersialkan teknologi ini. Sementara itu, tim menekankan bahwa teknologi ini tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh manusia.

Skintrack (Amaziness)
Skintrack (Amaziness)

Teknologi serupa juga sedang diterapkan oleh salah satu raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Dilansir dari Yahoo News, Samsung langsung mendaftarkan paten teknologi terbarunya. Teknologi itu memungkinkan jam tangan pintar Samsung bisa memindahkan (bagai proyektor) antarmuka jam ke tangan, dinding, atau permukaan manapun.

Dalam berkas hak paten yang didaftarkan Samsung terlihat bagaimana layar tambahan di tangan pengguna bisa dioperasikan langsung oleh jari tangan layaknya layar digital. jari pengguna akan dikenali melalui kamera dan sensor pada proyektor jam tangan.

Teknologi touchpad dari Samsung (Yahoo News)
Teknologi touchpad dari Samsung (Yahoo News)

Maka, untuk beberapa keperluan, pengguna tak perlu kesulitan menavigasikan jam tangan pintarnya lewat layar yang sempit. Pengguna hanya perlu menekan tombol tertentu yang dipantulkan proyektor ke tangan. Selanjutnya, jam tangan akan mengerjakan perintah pengguna.

Meski demikian, sepertinya Samsung belum tentu mengembangkan teknologi ini lebih aktif lantaran para peneliti menilai jam tangan pintar dengan dua layar lebih penting.

Agar lebih jelas, kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak