Siswi SMP Surabaya Temukan Alat Pengendali Lampu via Bluetooth


Sekarang ini, tak hanya mahasiswa atau orang yang sudah bekerja saja yang bisa memiliki prestasi di bidang sains. Hal ini terbukti dengan adanya temuan baru dari siswi SMPN 43 Surabaya, yang menemukan alat pengendali lampu melalui koneksi Bluetooth dari smartphone.

Mereka adalah siswi kelas VII bernama Ayudya (13) dan Thalabat (13). Keduanya memakai rok rumbai dari kresek bekas untuk menarik perhatian pengunjung pameran pendidikan di Balai Pemuda, yang diadakan hari Kamis, tanggal 19 Mei kemarin.

“Kami memperkenalkan karya di ekstrakurikuler sekolah kami,”jelas Ayudya seperti dikutip dari Tribunnewscom, Jumat (20/5/2016).

Ayudya dan Thalabat (Tribunnews)
Ayudya dan Thalabat (Tribunnews)

Ia menunjukkan alat pengendali lampu melalui Bluetooth smartphone. Alat ini berupa maket rumah berisi rangkaian lampu yang dihubungkan dengan smartphone.

“Karya produk ini dari ekstra robotika, jadi dikembangkan ke teknologi yang bisa dimanfaatkan di sekitar,” terangnya sambil menunjukkan alat elektronik di stannya.

Sebelumnya, alat serupa juga pernah dibuat oleh mahasiswa asal Bengkulu, Teddy Dharmawansyah. Alat ciptaan Teddy ini sangat bermanfaat bila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Cukup dengan menggunakan smartphone, alat ini bisa mematikan dan menghidupkan lampu serta membuka dan menutup pintu dari jarak jauh. Bedanya, alat buatan Teddy ini menggunakan sinyal dan getaran yang berasal dari panggilan masuk, bukan koneksi Bluetooth.

Ada juga alat pengendali lampu dengan menggunakan SMS atau bahkan remote control, yang semuanya jelas berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Semoga saja nantinya akan ditemukan lebih banyak lagi pengendali lampu jarak jauh yang lebih praktis digunakan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak