Anak Tukang Roti Inilah yang Ciptakan Mobil dan Motor Pertama


Mobil dan motor sudah menjadi transportasi utama bagi manusia. Tanpa mobil dan motor, tentu kita akan kesulitan untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Lalu tahukah kamu siapa penemu mobil dan motor itu? Berikut jadiBerita berikan sejarahnya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Ternyata, penemu mobil dan motor itu satu orang yang sama. Dia bernama Gottlieb Daimler. Gottlieb Wilhelm Daimler (terlahir Daumler), lahir pada tanggal 17 Maret 1834 dan meninggal dunia pada 6 Maret 1900. Dia dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman.

Gottlieb Daimler (Mercedes-Benz)
Gottlieb Daimler (Mercedes-Benz)

Pada tahun 1890 ia berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).

Yang menarik, ternyata Daimler bukan terlahir di keluarga yang mengerti otomotif. Daimler adalah anak dari seorang tukang roti bernama Johannes Daumler (Daimler) dan istrinya Frederika, dari kota Schorndorf dekat Stuttgart, Wurttemberg, Jerman.

Pada tahun 1847, saat usianya 13 tahun, ia telah menyelesaikan enam tahun studi utama dalam Lateinschule dan menjadi tertarik di bidang teknik. Tahun berikutnya, ia mulai magang dengan pembuat senjata karabin, Raithel. Ia lulus pada tahun 1852, lulus tes kerajinan dengan sepasang terukir pistol berlaras ganda. Pada tahun yang sama, pada usia 18 tahun, Daimler memutuskan untuk mengambil teknik mesin, meninggalkan gunsmithing (pembuatan senjata), dan meninggalkan kampung halamannya.

Wilhelm Maybach (Mercedes-Benz)
Wilhelm Maybach (Mercedes-Benz)

Pada tahun 1872, saat usianya 38 tahun, Daimler dan Maybach (temannya yang akan bereksperimen bersama Daimler) pindah untuk bekerja di pabrik terbesar di dunia mesin stasioner pada saat itu, Deutz-AG-Gasmotorenfabrik di Cologne, Jerman, yang dimiliki oleh Nikolaus Otto. Kebetulan Otto saat itu sedang mencari seorang direktur teknis baru.

Sebagai direksi, baik Daimler dan Otto difokuskan pada gas-mesin pengembangan sementara Maybach adalah Chief Designer. Setelah meninggalkan Deutz-AG, Daimler dan Maybach mulai bekerja sama. Pada tahun 1882, mereka pindah kembali ke Stuttgart di Jerman Selatan, membeli sebuah pondok di Cannstatt, Taubenheimstrasse, dengan 75 ribu goldmarks dari kompensasi dari Deutz-AG.

Mobil buatan Daimler (Daimler)
Mobil buatan Daimler (Daimler)

Pada tahun 1883, Daimler berhasil menciptakan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Berbarengan dengan hak paten itu, Daimler berhasil membuat mobil pertama di dunia, bersama dengan Carl Friedrich Benz.

Dua tahun kemudian, yaitu tahun 1885, Daimler menciptakan sepeda motor pertama berbahan bakar bensin. Pada masa itu, sepeda motornya masih terbuat dari kayu, dan dilengkapi dengan mesin. Menariknya, sepeda motor saat itu memiliki 4 roda, dengan 2 roda tambahan seperti pada sepeda anak-anak. dan bernama Reitwagen.

Reitwagen (Motosikletdergisi)
Reitwagen (Motosikletdergisi)

Mesin yang dibuatnya itu memiliki spesifikasi kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator bensin injeksi, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin diperbolehkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil.

Pada tahun 1890, Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Mobil Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada Pangeran Wales. Mobil Benzine Buggy kemudian dipatenkan tahun 1895. Daimler kemudian wafat pada 6 Maret 1900. 24 tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif dengan Benz & Cie milik Carl Benz dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.

Mobil dan motor ciptaan Daimler ini telah berjasa, hingga akhirnya bisa menjadi mobil dan motor modern yang kita kenal sekarang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak