Komputer Super, Bisa Sediakan Air, Energi dan Internet


Komputer sekarang ini sudah menjadi barang kebutuhan bagi kebanyakan orang. Dengan adanya komputer, maka mengerjakan segala sesuatunya bisa menjadi lebih mudah. Namun, komputer yang satu ini bukan sembarang komputer. Apa yang membuatnya berbeda?

Komputer tersebut bernama Watly. Komputer super ini diklaim sebagai komputer bertenaga surya terbesar di dunia, dan juga memiliki fungsi lainnya yang tak kalah berguna.

Watly (ABC)
Watly (ABC)

Mesin Watly, dibuat oleh start-up Italia-Spanyol dengan nama yang sama. Bentuknya menyerupai kapsul ruang angkasa futuristik. Tapi misinya adalah untuk menyediakan listrik, air bersih, dan layanan internet yang bisa mengubah hidup dan ekonomi khususnya di pedesaan Afrika. Menurut data, sekitar 625 juta orang di Sub-Sahara Afrika saat ini hidup tanpa listrik, sementara 39 persen tidak memiliki akses terhadap air bersih.

Watly (KBCTV)
Watly (KBCTV)

“Ini merupakan solusi infrastruktur untuk orang-orang tanpa akses ke tiga pilar dasar peradaban,” kata pendiri Watly Marco Attisani, seperti dikutip dari CNN, Selasa (24/5/2016).

Sistem ini bekerja dengan menangkap energi matahari melalui panel photovoltaic pada permukaan modul Watly, yang diubah menjadi listrik melalui baterai internal 140 kwh.

Watly (African Exponent)
Watly (African Exponent)

Di dalamnya juga terdapat sistem yang telah dipatenkan yang berguna untuk memproses penyaringan berbasis graphene, yaitu penyulingan sebelum air direbus. Proses ini dapat memberikan 5 ribu liter air minum yang aman setiap hari.

Baterai juga kekuatan hub konektivitas yang menyediakan akses internet nirkabel dalam radius 800 meter, dan stasiun pengisian untuk perangkat elektronik dan ponsel. Dalam kalkukasi, satu Watly dapat mengurangi emisi hingga 2.500 ton gas rumah kaca atau setara dengan 5 ribu barel minyak.

Watly (Factor Tech)
Watly (Factor Tech)

Watly telah menguji prototipe di pedesaan Ghana, dan langkah berikutnya adalah untuk menggelar unit di seluruh benua, dimulai dengan Nigeria dan Sudan.

“Proyek ini bisa memiliki dampak sosial dan ekonomi yang besar terutama di Afrika,” kata seorang juru bicara Uni Eropa. “Ini bertujuan untuk membawa energi bersih dan air bersih untuk masyarakat di negara-negara yang membutuhkan sumber daya vital dan akhirnya memberikan kontribusi untuk meningkatkan standar hidup jutaan orang,” lanjutnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak