Manfaatkan Makanan Sisa, Desainer Ini Menyulapnya Jadi Pakaian!


Dunia fashion setiap tahunnya tak henti-hentinya melakukan inovasi. Kali desainer dan peneliti IOWA State University (ISU) Amerika Serikat berhasil menciptakan fashion statement dari sisa bahan makanan.

Dialah Young-a Lee, seorang guru besar di jurusan merchandise dan desain ISU yang membuat tas, sepatu, dan pakaian yang terbuat dari sisa pembuangan teh. Ampas teh tersebut diolah, dipanen dan dikeringkan sehingga hasil akhirnya bisa menyerupai bahan kulit.

gannett-cdn.com

Lee telah menunjukkan kemampuannya untuk menjadi pemimpin masa depan di bidang fashion yang tidak hanya menerbitkan karya ilmiah, tapi dengan ide-ide penelitian yang inovatif dan tim kolaboratif.

Dikutip dari iastate.edu, ia menganggap bahwa pola pikir manusia harus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Bahan pakaian yang ramah lingkungan adalah salah satu cara untuk menciptakan sebuah keseimbangan. “Ini bukan hanya masalah tren atau fashion saja, tapi bagaimana kita bisa meneruskan ras manusia agar tetap berkelanjutan dengan menjaga keseimbangan alam,” ungkapnya.

news.iastate.edu

“Fashion, bagi kebanyakan orang, adalah ekspresi fana budaya, seni, dan teknologi. Namun perusahaan mode terus memproduksi bahan-bahan baru dan pakaian, dari musim ke musim, tahun ke tahun, untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen,” kata Lee. “Pikirkan tentang di mana barang-barang tersebut akhirnya tak lagi bermanfaat. Mereka akan mengambil ruang di bawah tanah yang sangat besar dari bumi seperti sampah lainnya.” tambahnya.

news.iastate.edu

Bekerja dengan serat baru bukan tanpa tantangan. Lee dan tim risetnya menerima hibah dari Badan Perlindungan Lingkungan untuk mengembangkan pakaian yang berkelanjutan dan sepatu dari serat selulosa yang dipanen. Mereka telah melakukan beberapa tes untuk menentukan apakah serat selulosa dari ampas the ini adalah alternatif untuk kulit untuk industri fashion.

Meskipun saat ini masih berupa prototype dan masih dalam tahap penelitian, namun ini memang merupakan sebuah inovasi di dunia fashion yang perlu untuk dikembangkan lebih jauh.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak