Pesona Sosok Nyata ‘3 Srikandi’, Atlet Panahan Indonesia yang Harumkan Nama Bangsa


Film Indonesia saat ini tengah meningkat dan semakin digemari penonton. Tahun ini saja banyak film-film nasional yang dinantikan pecinta film tanah air. Salah satunya adalah 3 Srikandi. Film ini terinspirasi dari tiga prestasi atlet perempuan panahan, yakni Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani, yang berhasil membawa pulang medali untuk pertama kalinya bagi Indonesia pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Imam Brotoseno, sang sutradara bakal lebih menguatkan ceritanya pada pengenalan karakter tiga atlet yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari, Tara Basro dan Chelsea Islan, serta Reza Rahadian yang memerankan Donald Pandiangan, pelatih panahan legendaris.

Film 3 Srikandi akan dirilis di bioskop Tanah Air pada 4 Agustus 2016, sehari sebelum Olimpiade 2016 diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil. Sebelum tayang, mari kenali sosok nyata di balik film 3 Srikandi.

1. NURFITRIYANA SAIMAN

BCL dan Nurfitriyana Saiman

Nurfitriyana Saiman mengikuti Olimpiade Seoul 1988 saat masih berusia 26 tahun. Saat sedang mengikuti pelatnas untuk Olimpiade Seoul, menurut laman resmi 3Srikandi, Yana juga sedang menyelesaikan skripsi sarjananya di Perbanas. Meskipun tak mudah, wanita kelahiran Jakarta pada 7 Maret 1962 ini berhasil lulus sidang skripsi sebelum berangkat ke Olimpiade Seoul. Tokoh yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari ini merupakan sosok tertua dari trio Srikandi yang berhasil menyumbangkan medali perak untuk Indonesia.

2. KUSUMA WARDHANI

pikiran-rakyat.com

Kusuma Wardhani merupakan atlet panahan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan yang mengikuti Olimpiade Seoul 1988, di usia 24 tahun. Saat itu Kusuma berpacaran dengan pemanah Adang Ajiji yang merupakan pesaing pelatih panahan Donald Pandiangan. Namun Kusuma mengalami cinta lokasi dengan Donald Pandiangan yang sekarang menjadi suaminya. Kini Kusuma bekerja di Kantor Gubernur Sulsel dan memiliki satu putri yang juga mengikuti jejak kedua orang tuanya sebagai atlet panahan. Tokoh yang diperankan oleh Tara Basro yang juga berasal dari Sulawesi Selatan.

3. LILIES HANDAYANI

blogspot.com

Lilies Handayani mengikuti Olimpiade Seoul 1988 sebagai atlet termuda di antara 3 Srikandi. Wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur 15 April 1965 ini dikenal paling humoris, rame dan juga iseng. Selain itu, ia juga terkenal suka memakai gelang banyak di tangannya. Selain jago memanah, ia juga pernah pernah ikut kejurnas pencak silat. Putrinya, Deli Theresia Adinda, juga atlet pemanah. Tokoh ini diperankan Chelsea Islan yang memiliki kesamaan dengan Lilies yakni suka memakai gelang dan aksesoris lainnya.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
31
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
41
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak