5 Potret Surabaya Tempo Dulu, Bikin Rindu Masa Lalu


Indonesia memiliki sejarah yang panjang hingga bisa berkembang seperti sekarang. Keindahan negeri ini pun ternyata sudah tergores indah sejak dahulu kala. Namun sayang, minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan.

Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad, memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto kota Surabaya.

Berikut inilah foto-foto kota Surabaya tempo dulu, yang diambil dari akun Facebook Surabaya Tempo Dulu membuat kamu rindu dan ingin turut serta menjadi bagian di masa lalu.

1. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan 1930 (facebook)
Jalan Tunjungan tahun 1960 (Facebook)
Jalan Tunjungan kini (primaradio.co.id)

Jalan Tunjungan, Surabaya, disebut sebagai jalan penuh kenangan yg tak pernah terlupakan dari masa ke masa. Saking legendarisnya, daerah Tunjungan ini dijadikan lagu daerah Jawa Timur berjudul Rek Ayo Rek. Nah bisa dibayangkan jika kawasan Tunjungan itu memang sudah terkenal sejak zaman dahulu bahkan jauh sebelum lagu ini ada.

2. Pintu Air Gubeng

Pintu Air Gubeng tahun 1910 (facebook)
Pintu air Gubeng kini (blogspot.com)

Di sepanjang aliran Kalimas terdapat tiga pintu air yang salah satunya adalah pintu air Gubeng. Di masa lalu, Pintu Air Gubeng menggunakan sistem canggih dari pengaturan lalu lintas. Saat musim hujan, air di Kalimas sering meluap dan membuat kota Surabaya banjir, maka pemerintah Belanda memutuskan untuk membangun pintu air untuk menjinakkan arus Kalimas, salah satunya dibangunlah pintu air Gubeng ini.

3. Simpang Lonceng

Simpang Lonceng 1930 (Facebook)
photobucket.com

Kawasan simpang lonceng atau simpangklok 86 tahun yang lalu, suatu kawasan yang mempunyai daya tarik tersendiri dalam kegiatan dan aktivitas masyarakat kota surabaya pada masa itu dan hingga saat ini. Di kawasan ini ada satu apotek legendaris. Meski apotek ini sudah tak lagi beroperasi tapi kesyahduannya tetap hadir.

4. Daerah Kramat Gantung

Kramat Gantun Tahun 1910 (Facebook)
Kramat Gantung kini (surabayastory.wordpress.com)

Kramat Gantung dikenal sebagai pusat penjualan karpet, gabus, serta bahan pembuat sepatu. Jalan Kramat Gantung ternyata merupakan penghubung antara Surabaya Tua dan Surabaya Modern. Ternyata di masa lalu di kawasan inilah Kadipaten Surabaya, yang merupakan cabang dari Keraton Mataraman ada. Makanya, di sini banyak sekali gang bernama Kraton yang menghubungkan jalan Kramat Gantung dan Baliwerti.

5. Jembatan Merah

Jembatan Merah Tahun 1900 (Facebook)
Jembatan Merah kini )sonofmountmalang.wordpress.com)

Rasanya hampir semua orang kenal Jembatan Merah, salah satu monumen bersejarah kota Surabaya. Jembatan Merah sudah ada sejak zaman VOC hingga kini bentuknya tetap terjaga seperti dahulu hanya ada sedikit perubahan pada pagar pembatasnya saja. Jembatan Merah ini juga sempat dijadikan judul lagu oleh seorang musisi terkenal Gesang. Zaman dahulu keberadaan jembatan ini dianggap sangat penting sebagai sarana menuju Gedung Karesidenan Surabaya melewati Kalimas.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak