Bukan Superhero, Spider-Man di Meksiko Jadi Dosen


Moises Vazquez, 26, known as Spider-Moy, a computer science teaching assistant at the Faculty of Science of the National Autonomous University of Mexico (UNAM), who teaches dressed as a comic superhero Spider-Man, poses for a photograph during a class in Mexico City, Mexico, May 27, 2016. REUTERS/Edgard Garrido

Selama ini kita mengenal Spider-Man sebagai seorang superhero yang mampu mengeluarkan jaring layaknya laba-laba. Namun, di Meksiko, profesi Spider-Man bukanlah seorang superhero, melainkan seorang dosen.

Adalah Moises Vazquez, 26 tahun, seorang dosen ilmu komputer dan mengajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sains di UNAM (The National Autonomous University of Mexico) yang rela mengenakan kostum Spider-Man untuk mengajar. Tadinya, Vazquez adalah seorang fotografer lepas.

Vazquez mengajar di dalam kelas (Reuters)
Vazquez mengajar di dalam kelas (Reuters)

Alasan Vazquez mengenakan kostum superhero buatan Marvel itu adalah agar bisa menarik perhatian para mahasiswanya sehingga kuliahnya tidak membosankan dan mereka bisa lebih giat menghadiri kuliahnya.

Vazquez di dalam kelas (Reuters)
Vazquez di dalam kelas (Reuters)

“Saya hanya melakukan pekerjaan seperti orang lain. Menurut saya kelas yang saya ajar ini bukan kelas terbaik di dunia hanya karena saya mengenakan kostum ini. Tapi saya yakinkan, kalau saya ingin melakukan pekerjaan saya ini dengan jujur dan berdedikasi. Saya hanya ingin membuat ruang kelas menjadi tempat yang lebih baik,” jelas Vazquez seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/6/2016).

Vazquez ngobrol dengan penumpang lain saat naik kereta (Reuters)
Vazquez ngobrol dengan penumpang lain saat naik kereta (Reuters)

Uniknya, Vazquez mengenakan kostum Spider-Man sejak berangkat dari rumahnya yang berada di Mexico City menuju ke kampusnya. Bahkan, dia juga tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan menggunakan kendaraan umum, dalam hal ini kereta. Jelas saja dirinya menjadi pusat perhatian warga yang kebetulan berada di sekitarnya.

Vazquez berjalan di kampus (Reuters)
Vazquez berjalan di kampus (Reuters)

Saat pertama mengajar mengenakan kostum Spider-Man 1,5 tahun lalu, Vazquez mengaku mahasiswanya terkejut. “Mereka jelas terkejut, namun mereka juga senang. Semuanya melempar senyum padaku,” katanya.

Vazquez menuju kampus (Reuters)
Vazquez menuju kampus (Reuters)

Sepertinya strategi Vazquez ini berhasil membuat mahasiswanya rajin datang ke kampus. Bagaimana jika metode ini juga diterapkan di Indonesia? Apakah mahasiswanya juga akan jadi rajin masuk kuliah? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak