Cara-cara Unik Tertib Lalu Lintas di Seluruh Dunia, Indonesia Harus Lakukan!

Resize of artikel traffic light

Bukan lagi rahasia jika ketertiban Indonesia, terutama dalam hal lalu lintas terbilang buruk. Apalagi di kota besar seperti Jakarta. Bukan hal yang aneh jika kemacetan di mana-mana, nyalip sana-sini, kendaraan pribadi masuk jalur busway, dan aneka keruwetan lainnya.

Nah, kota-kota di seluruh dunia ini punya cara unik, lho untuk membuat warganya tertib. Bahkan cara ini pas banget jika ditiru oleh kota-kota di Indonesia, khususnya Jakarta. Apa saja cara uniknya? Simak yuk berikut ini.

1. Lampu merah di aspal

084333700 1450176225 1
liputan6.com

Banyak pemilik kendaraan bermotor masih sering menerobos lampu merah. Cara untuk menanggulangi hal ini adalah dengan menambah lampu tambahan, seperti yang terjadi di Auckland, Selandia Baru ini. Lampu tambahan ini terbilang unik. Sebab, lampu ini dipasangkan di aspal, mulai beberapa meter sebelum lampu merah. Kalau sudah begini tak ada alasan untuk menerobos lampu merah, ya.

2. Membatasi plat nomor memasuki jalan di hari tertentu

c360 2012 08 21 15 42 28
blogtotrip.wordpress.com

Manila punya peraturan lalu lintas paling unik yang pernah dibuat. Di sana illegal mengendarai mobil di jalan-jalan utama pada hari Senin, jika nomor belakang plat mobil kamu adalah 1 dan 2. Lumayan, kan mengurangi kemacetan?

3. Mau ‘jalan kaki’ dihadiahi uang

eventi expo 2015 milano expo gate night castello sforzesco
nightlife-cityguide.com

Tak hanya di Tanah Air, kemacetan lalu lintas di kota-kota besar dunia tampaknya telah menjadi hal yang mengkhawatirkan. Untuk menekan kepadatan lalu lintas di Milan, Italia, otoritas setempat malah bersedia untuk membayar pemilik mobil yang bersedia untuk tak menggunakan kendaraannya. Pemerintah setempat akan memberi uang sebesar 1,5 Euro bagi pemilik mobil yang tidak menggunakan mobilnya selama 12 jam. Mau?

4. Lapisan Anti stiker

anti sticker
unpleasant.pravi.me

Sudah bukan hal aneh lagi jika tiang listrik dan lampu merah di jalan raya digunakan sebagai ‘media’ untuk beriklan. Dari mulai jasa les privat, kampanye, hingga sedia pengacara cerai, sudah berseliweran di Indonesia. Nah, aturan Korea Selatan ini tepat banget kalau digunakan juga di Indonesia. Kamu tak akan pernah melihat iklan seperti itu lagi jika pemerintah menggunakan lapisan anti-stiker seperti ini.

5. CCTV Palsu

294499 cara unik tata kota agar bisa atur perilaku warganya
brilio

Nah kalau hal unik di Indonesia, lho. Terkadang ada beberapa yang dipasang begitu saja hanya untuk membuat warganya merasa diawasi. Ini cukup ampuh diterapkan, lho.