Umrah Memakai Pakaian Adat Jawa, Rombongan Asal Yogyakarta Ini Jadi Berita


Umrah merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Serupa dengan ibadah haji, umrah dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekah, khususnya di Masjidil Haram, maka disebut pula dengan haji kecil.

Jika ibadah haji hanya dapat dilaksanakan antara tanggal 8 Dzulhijah hingga 12 Dzulhijah, umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu. Nah, di bulan suci Ramadan, banyak sekali umat Islam diseluruh dunia yang berbondong-bondong mempertebal iman dengan melaksanakan umrah.

Salah satunya rombongan dari Yogyakarta ini. Menariknya, rombongan umrah ini begitu menonjolkan identitas masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Ya, mereka melaksanakan haji kecil ini menggunakan pakaian adat Jawa lengkap!

Biasanya umat Islam melaksanakan ibadah ini mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihram adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan.

Namun yang unik, rombongan ini memakai batik, sarung, lengkap dengan blangkon khas masyarakat Jawa. Unik ya?

Dalam gambar itu, tampak orang Yogyakarta berbusana khas daerahnya, tengah berdoa di masjid di Madinah, Arab Saudi. Sontak gambar yang pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Bram Palgunadi ini menjadi viral. Menurut mereka, inilah identitas Indonesia dalam balutan Islam yang universal.

Tak lupa pemilik facebook pun menyematkan caption.

“ROMBONGAN UMROH DARI YOGYAKARTA DI MASJID MADINAH

Yogyakarta memang luar biasa. Unik, khas, konsisten, dan tradisional…” tulis sang pemilik yang juga merupakan penggiat budaya Jawa ini.

Komentar bernada pujian pun sontak membanjiri akun ini.

Ini yang saya suka. Agama boleh sesuka hati milihnya tapi tetep tidak lupa jati diri” ujar akun Facebook Mahawidya Wardhana

Namun ada juga netizen yang mempersalahkan perihal aturan umrah mengenakan pakaian Ihram. Tak lama kemudian netizen lain menjelaskan jika mengenakan pakaian Ihram ada momennya, sedangkan untuk beribadah sendiri, pakaian yang dikenakan bebas selama bersih, sopan masih menutup aurat.

Kalau menurutmu gimana JBers?

(rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak