Inovasi Siswa SMA Cirebon Ciptakan Sajadah Pintar


Di zaman serba maju seperti sekarang ini, sudah banyak produk yang diberi embel-embel pintar alias smart. Sebut saja smartphone atau smartwatch. Bahkan, ada juga produk lain yang juga diberi label pintar, seperti rumah pintar, jaket pintar, dan yang terbaru ada sajadah pintar.

Sajadah pintar adalah hasil dari kreativitas anak-anak SMAN 2 (Smanda) Cirebon, Jawa Barat. Tentu saja produk ini sangat bermanfaat. Sajadah ini diciptakan untuk membantu kaum muslimin terutama yang lansia, yang sering lupa sudah rakaat keberapa saat dia melaksanakan ibadah salat.

Sajadah ini diciptakan oleh 3 orang siswa. Mereka adalah Ready Kresna Nanda Suprapto,  Muhammad Naufal Hawari, dan Satrio Budi Prakoso. Sajadah buatan mereka itu dinamakan Sembayang atau Smart Sajadah Penghitung Rakaat.

Sembayang (Pojoksatu)
Sembayang (Pojoksatu)

Produk tersebut sekarang sedang dilombakan di tingkat nasional, yakni pada ajang Instrumentation and Control National Competition (Iconic 2016) yang digelar oleh Institut Teknologi Bandung. Produk karya siswa Smanda Cirebon  ini bersaing dengan siswa sekolah lainnya dari seluruh Indonesia.

Menurut Kresna, teknologi yang digunakan dalam karyanya ini berupa pressure sensor mat, microcontroler, 7 segmen, LCD, Monochrome, 400 MHz module yang ditempatkan dalam sajadah.

â??Dengan alat ini salat Anda akan jadi lebih sempurna, karena sajadah ini mampu menghitung rakaat Anda dengan akurat,â? kata Kresna yang juga alumni SMPN 5 Kota Cirebon ini, dikutip dari Pojoksatuid, Senin (13/6/2016).

Tak lupa Kresna juga memohon dukungan dari masyarakat Cirebon untuk memberikan jempol (like) di akun Facebook Instrumentation and Control National Competition 2016 sebagai bentuk dukungan masyarakat.

Sukses terus untuk anak-anak bangsa agar bisa menciptakan kreasi baru lainnya yang tak kalah keren dan bermanfaat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak