5 Adegan ‘Impossible’ yang Dibuat Tanpa Efek Khusus


Inception-movie-image

Berkembangnya teknologi dalam dunia perfilman jelas berpengaruh positif untuk industri ini sendiri. Kemudahan saat proses produksi serta penekanan biaya dengan selisih yang begitu besar tentu kini jadi solusi untuk para produser film-film berskala besar. Salah satu kehadiran teknologi yang sangat membantu pengerjaan sebuah film adalah CGI atau Computer Generated Imagery. Teknologi canggih yang kian disempurnakan ini memudahkan para filmmaker untuk membuat objek atau properti dalam film yang susah dikerjakan. Namun, tak semua sutradara menyukai pakai CGI, dan lebih memilih metode manual. Berikut adalah 5 adegan film yang dibuat tanpa efek khusus CGI.

1. The Lord of the Rings

Salah satu trilogi terbaik yang pernah ada, “The Lord of the Rings” menyuguhkan sejumlah adegan keren tanpa CGI yang digunakan di beberapa adegan pertarungannya. Salah satu adegan tanpa CGI yang diperlihatkan dalam film ini adalah ketika Frodo yang berbadan kecil berada di sebelah Gandalf yang bertubuh raksasa. Sebenarnya tak ada efek khusus yang diberikan dalam adegan ini melainkan hanya sebuah trik kamera.

2. The Dark Knight

Bukan rahasia lagi jika Nolan adalah salah satu sutradara yang tak suka mengunakan CGI ataupun efek visual secara berlebihan. Dalam film “The Dark Knight” pun ia menciptakan banyak adegan yang dibuat secara practical. Adegan yang idbuat tanpa efek khusus adalah adegan ketika Batman mencelakai truk roda delapan yang dikendarai oleh Joker. Alih-alih menggunakan CGI, Nolan tetap membuat adegan ini dengan cara practical effect dan hasilnya pun sangat memukau.

3. Interstellar

Lahir sebagai salah satu film petualangan luar angkasa terbaik, “Interstellar” juga menyuguhkan sejumlah adegan keren yang dibuat tanpa CGI. Nolan memang tegas dalam hal ini, ia selalu berusaha untuk tidak memanipulasi gambar kepada penonton dan tetap menciptakan adegan seasli mungkin. Dalam film ini adegan keren yang tak menggunakan CGI adalah ketika Cooper yang diperankan oleh Matthew McConaughey sedang berada di ruang 4 dimensi. Ruangan dimensi yang tampak seperti olahan CGI tersebut ternyata dibuat dari 3 lantai yang dibalut instalasi set memukau.

4. Jurassic Park

Film yang satu ini mungkin jadi pionir practical effect di era film modern. Ada banyak teknologi terbaru yang digunakan dalam film ini, bahkan George Lucas merasa bahwa teknologi di film “Jurrasic Park” telah mumpuni untuk dirinya membuat prekuel Star Wars. Karakter anpa CGI dalam film ini adalah wujud sang Raptor yang beraksi dalam beberapa adegan. Raptor tersebut diisi oleh seorang manusia, yaitu supervisor dari Stan Winston Studio bernama John Rosengrant.

5. Inception

Adegan pertarungan tanpa gravitasi di sebuah lorong dalam film “Inception” ini memang terkenal sebagai memorable scene tanpa CGI. Dalam proses produksinya, Nolan menginginkan sebuah pertarungan nyata di dalam lorong yang bebas gravitasi, dan karena ia sangat suka mengeskplorasi practical effect, ia pun kemudian menciptakan adegan ini dengan sebuah lorong sungguhan yang diputar dengan mesin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak