Enaknya Warga di Negara Ini, Pelanggan Listrik Malah Dibayar!


Biaya pembayaran listrik yang terus membengkak, mungkin sudah menjadi masalah biasa setiap bulannya bagi masyarakat di Indonesia. Namun, jika kamu pindah ke negara ini, kamu tidak akan mengeluarkan uang setiap bulannya untuk membayar listrik. Mungkin yang ada uangmu bertambah.

Adalah Jerman yang sanggup membayar warganya jika kamu menggunakan listrik. Sejak dulu Jerman memukul tonggak sejarah baru dalam hal energi terbarukan. Mereka berhasil menghasilkan begitu banyak listrik pada satu titik sehingga pelanggan pada dasarnya dibayar untuk menyalakan lampu atau mengisi ponsel mereka.

Jerman memang bisa memanfaatkan tenaga angin dan tenaga suryanya dengan sangat maksimal untuk dijadikan sumber energi listrik. Seperti dilansir dari Tribunnews, sekitar 87 persen dari daya yang digunakan di Jerman itu berasal dari angin, matahari, air, dan pembangkit listrik biomassa.

wikimedia.org

Penggunaan tertinggi dari energi terbarukan, terjadi pada hari yang sangat cerah dan berangin, sedangkan penggunaan energi yang relatif rendah pada hari Minggu pagi. Pembangkit listrik tenaga gas ditutup selama lonjakan energi terbarukan di hari Minggu, tetapi pembangkit nuklir dan batubara terus beroperasi.

Menurut iflscience, Kamis (16/6), sumber-sumber energi itu bisa memproduksi sekitar 55 Gigawatt dari 63 Gigawatt kebutuhan energi listrik negara atau bisa dibilang energi tersebut sanggup memenuhi 87% kebutuhan listrik seluruh negeri. Jika ditambah dengan sumber energi listrik yang biasa dihasilkan oleh pembangkit listrik biasa, Jerman dianggap kelebihan pasokan energi listrik yang sangat signifikan.

Dalam kondisi ini, akan lebih murah bagi mereka untuk terus menghasilkan listrik daripada untuk berhenti selama beberapa jam, kemudian restart. Kondisi yang juga membuat warga Jerman â??dipaksaâ?? menggunakan listrik, atau pemerintah harus mengeluarkan uang lebih besar sebagai biaya â??restartâ?? pembangkit listrik.

inhabitat.com

Sebagai perbandingan, AS hanya menerima sekitar 13 persen dari energi dari sumber terbarukan setiap tahun. Jerman bertujuan untuk didukung oleh energi terbarukan 100 persen pada tahun 2050.

Maka bukanlah hal mustahil jika pemerintah Jerman malah akan memberikan uang ke warganya yang mau menggunakan energi listrik. Sebuah mimpi yang diidam-idamkan oleh manusia, di tengah tagihan listrik yang tinggi saat ini karena tuntutan gaya hidup modern sekarang.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak